Macam-macam kelebihan serta keunggulan komputer PC dan Laptop

Anda sedang bingung pilih komputer PC ataukah sebuah laptop atau notebook?. Pada dasarnya itu semua kembali lagi pada tingkat kebutuhan serta mobilitas Anda sang pengguna. Dan bagi Anda yang saat ini tengah berencana untuk membeli sebuah gadget namun masih bingung harus memilih antara sebuah komputer PC (Personal Computer) ataukah laptop, maka mungkin tips mengenai macam-macam kelebihan komputer PC dan Laptop ini bisa membantu. Baik komputer PC dan laptop sesungguhnya memiliki fitur-fitur serta keunggulannya masing-masing, namun yang jauh lebih penting dari itu semua adalah sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Salah satu kelebihan laptop dibanding komputer PC tentu saja dari segi mobilitas. Anda tentunya tidak akan menjinjing komputer PC yang Anda miliki kemana pun Anda pergi bukan?. Oleh sebab itulah maka kemudian inovasi pun mulai dilakukan guna membuatnya menjadi jauh lebih simpel dan modern. Dimasa kini, dimana hampir semua gadget terutama laptop kian mengedepankan sisi mobilitas, tampilan minimalis dengan bentuk yang lebih simpel dan kaya akan fitur. Namun apakah fitur-fitur tersebut merupakan sebuah jaminan bahwasanya laptop lebih baik dibandingkan dengan komputer PC. Jawabannya bisa "iya" bisa juga "tidak" tergantung dari seberapa besar tingkat kebutuhan serta aktifitas yang Anda lakukan. Untuk itulah www.teknologiz.com akan memberikan informasi dan penjabaran mengenai macam-macam kelebihan serta keunggulan komputer PC dan Laptop, berikut penjelasannya:

Macam-macam kelebihan serta keunggulan komputer PC dan Laptop - www.teknologiz.com
Kelebihan serta keunggulan komputer PC dan Laptop
Kelebihan dan keunggulan komputer PC dibanding laptop:

1. Harga yang lebih ekonomis.
Kelebihan komputer PC yang pertama adalah dari segi harga. Dengan spek yang sama, harga sebuah komputer PC umumnya lebih ekonomis dibanding laptop. Namun jika Anda menginginkan harga yang jauh lebih murah lagi, maka Anda bisa membelinya secara parsial dan kemudian merakitnya sendiri sehingga Anda bisa menyesuaikannya (adjustable) dengan kebutuhan Anda. Teknologiz.com pernah menerbitkan sebuah artikel mengenai teknik dan cara merakit komputer PC dengan cepat. Silakan melihatnya untuk dijadikan referensi bagi Anda yang ingin merakit komputer PC sendiri.

2. Lebih mudah melakukan upgrade.
Komputer PC tentu akan lebih mudah untuk dilakukan peningkatan spesifikasi (upgrade). Jika dirasa spesifikasi perangkat keras pada komputer PC Anda masih kurang maksimal, maka bisa dengan mudah menggantinya dengan spesifikasi perangkat keras yang lebih tinggi. Misalnya jika Anda adalah seorang yang bekerja sebagai desain grafis dan membutuhkan tampilan layar yang lebih tajam, maka Anda tinggal mengganti saja kartu VGA-nya saja dengan kartu VGA yang memiliki spesifikasi yang lebih tinggi. Dengan begitu maka komputer PC sebenarnya bisa mendukung apa pun yang Anda inginkan jika dilihat dari segi fungsi.

3. Komputer PC lebih tahan lama.
Komputer PC lebih tahan lama dibandingkan dengan laptop adalah fakta. Namun akan berubah menjadi mitos jika Anda tidak melakukan satu hal, yaitu perawatan. Baik komputer PC ataupun laptop tentunya tidak akan berumur panjang manakala Anda tidak merawatnya. Lalu bagaimana cara untuk melakukan perawatan tersebut?. Silakan dilihat pada artikel sebelumnya mengenai tips cara merawat dan membersihkan laptop dengan benar

4. Lebih mudah mendeteksi kerusakan dan penggantian komponen.
Jika Anda memiliki sebuah komputer PC yang telah berumur, mungkin komputer Anda akan menjadi lebih rentan untuk mengalami kerusakan. Tapi jangan khawatir karena kerusakan pada komputer PC akan lebih mudah dideteksi dan harga perangkat penggantinya pun akan relatif lebih murah jika dibandingkan dengan perangkat keras yang dimiliki oleh laptop.

5. Servis lebih murah
Servis pada komputer PC cenderung lebih murah dibandingkan dengan servis pada laptop. Hal ini dipengaruhi oleh tingkat kerumitan komputer PC yang lebih rendah dibandingkan dengan tingkat kerumitan laptop, faktor lain yang mempengaruhinya yaitu harga komponen-komponen yang digunakan oleh komputer PC lebih murah daripada laptop. Sebagai perbandingan sederhana yaitu kisaran harga mainboard. Mainboard PC berkisar antara 500-1 juta rupiah, sedangkan untuk laptop rata-rata diatas Rp.1-2  juta (beberapa varian bahkan harganya lebih tinggi).

6. Banyak komponen perangkat keras yang bersifat bisa menggantikan (compatible/replaceable)
Misalnya komputer Anda mengalami kerusakan pada mainboard sehingga mau tak mau Anda harus menggantinya dengan mainboard yang baru. Mencari mainboard PC dengan spesifikasi yang sama atau lebih tinggi bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, bahkan begitu banyak pilihan merk dengan tingkatan harga dan spesifikasi yang bervariasi. Mengapa demikian?. Komputer PC memiliki bentuk casing yang cenderung sama dengan dudukan baut (mounting) sehingga bisa dengan mudah disesuaikan, sedangkan pada laptop biasanya bentuk komponen dibuat berdasarkan bentuk desain model casing penutup bagian atas (upper case) dan casing penutup bagian bawah (lower case) yang dimana masing-masing produk laptop memiliki bentuk komponen yang berbeda-beda tergantung dari merk serta variannya.

Setelah mengupas beberapa kelebihan yang dimiliki oleh komputer PC, kini waktunya membahas mengenai kelebihan dan keunggulan laptop dibanding komputer PC, diantaranya sebagai berikut:

1. Lebih simpel dan bisa digunakan dimana saja (portable)
Harga yang lebih mahal tentu saja setara dengan fitur serta fungsi yang bisa Anda dapatkan jika memiliki sebuah laptop. Selain bobotnya yang ringan, laptop juga bisa digunakan untuk aktifitas yang mobile, dimana Anda lebih banyak melakukan kegiatan di luar ruangan. Selain untuk mendukung aktifitas outdoor Anda, sebuah laptop juga bisa menjadi padanan yang modis yang bisa Anda manfaatkan guna memperindah penampilan Anda.

2. Hemat energi listrik (go green)
Laptop memiliki tingkat konsumsi daya listrik yang ringan, yaitu berkisar antara 30 hingga 40 watt saja. Konsumsi daya listrik pada laptop bisa disejajarkan dengan barang-barang elektronik lainnya seperti radio, lampu pijar dan lain sebagainya. Saat laptop dalam posisi stanby juga tetap menggunakan daya listrik akan tetapi dengan jumlah yang sangat rendah, yaitu dengan besaran kurang dari 10% saja. Selain menggunakan tenaga listrik langsung dari adapter, laptop juga diberikan perangkat penyimpan daya listrik yang berupa baterai dengan kekuatan pakai mencapai 5 hingga 8 jam (tergantung spek baterai) yang akan otomatis terisi saat adapter dicolokkan ke saklar listrik.

3. Spesifikasi masing-masing unit standar pabrikan
Laptop tak seperti komputer PC yang bisa dengan mudah dilakukan penggantian komponen. Meskipun demikian, komponen-komponen yang ada di dalam sebuah laptop merupakan bawaan resmi dari produsennya yang biasanya terdapat rangkaian nomer yang dikenal dengan Serial Number (SN). SN adalah bentuk kode yang berbeda-beda di setiap unitnya. SN biasanya digunakan untuk dijadikan standar tanda pengenal originalitas unit, standar garansi unit serta validasi Operating System (OS) yang bisa digunakan pada saat servis.

4. Fitur laptop lebih lengkap
Laptop pada saat dijual biasanya telah memiliki beberapa fitur-fitur bawaan yang tidak terdapat pada komputer PC. Fitur-fitur tersebut diantaranya seperti wireless LAN, Bluetooth, Tethering Hotspot dan lain sebagainya. Sistem Operasi yang digunakan juga selalu asli, namun dengan catatan jika Anda membelinya hanya pada dealer resmi.

5. Garansi resmi dari dealer (after sales service).
Laptop yang dibeli secara resmi pasti akan selalu mendapatkan jaminan garansi yang berupa kartu garansi. Garansi yang diberikan tiap-tiap laptop sangatlah bervariasi tergantung dari masing-masing produsen pembuatnya, ada yang 1 tahun, 2 tahun atau 3 tahun. Bahkan beberapa produk laptop kini telah memberikan fasilitas garansi tambahan (extended warranty) berupa kartu garansi yang bisa Anda beli untuk menambah masa garansinya. Garansi tersebut biasanya meliputi perbaikan dan juga penggantian unit.

6. Banyak pilihan, mudah disesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan
Jika saat ini Anda tengah berniat membeli sebuah laptop, maka tak perlu bingung-bingung dalam memilih. Sesuaikan saja dengan kebutuhan, anggaran dana serta desain yang diinginkan. Harga pasaran laptop berbagai merk dengan spesifikasi yang sama biasanya memiliki standar harga tak terlampau jauh berbeda. Oleh karenanya Anda jadi bisa dengan mudah untuk melakukan kalkulasi serta prediksi laptop yang bisa Anda dapatkan sebelum Anda membeli. Sebagai contoh, misalnya jika budget Anda berkisar sekitar Rp. 4 juta, maka prediksi dari spesifikasi detail review unit laptop yang bisa Anda dapatkan berupa Intel Pentium Dual Core, 2GB DDR3 SDRAM Memori, HDD 500GB SATA, DVD RW/R Writer.

Itulah beberapa uraian mengenai kelebihan serta keunggulan antara komputer PC dan laptop. Dari penjelasan tersebut kira-kira mana yang menjadi pilihan Anda?. Komputer PC ataukah laptop?
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 ArticleCrown