Penyebab masalah flashdisk tidak terbaca dan terdeteksi di komputer dan cara mengatasinya

Bayangkan jika pada saat Anda harus menyimpan data dengan flashdisk namun tiba-tiba flashdisk rusak sehingga tidak dapat digunakan. Tentu akan sangat menjengkelkan bukan?. Jika Anda pernah mengalami hal tersebut dan bertanya-tanya mengapa hal tersebut bisa terjadi dan bagaimanakah cara mengatasi flashdisk yang tidak terdeteksi oleh komputer?. Maka, melalui artikel ini blog berita teknologi ingin membahas seputar penyebab masalah flashdisk tidak terbaca dan terdeteksi di komputer dan cara mengatasinya.

Penyebab flashdisk rusak atau tidak terbaca pada komputer bisa disebabkan oleh banyak faktor, yang beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Secara fisik flashdisk tersebut rusak karena faktor korosi, penyok dan lain sebagainya.
2. Bisa jadi permasalahan terjadi pada driver komputer
3. Komputer atau flashdisk telah terinfeksi virus
4. Konektor atau port USB yang bermasalah
5. Konfigurasi atau pengaturan BIOS yang tidak benar ataupun disebabkan oleh faktor-faktor lainnya.

Ada beberapa cara mengatasi masalah flashdisk yang tidak terdeteksi oleh komputer yang bisa Anda lakukan, yaitu diantaranya sebagai berikut:

1. Cara tahu penyebab awal mengapa flashdisk tidak mau terbaca dikomputer dengan cara melakukan beberapa percobaan sederhana. Cobalah untuk cek fungsi flashdisk dengan memasukkannya ke beberapa port USB yang berbeda. Setiap unit komputer umumnya memiliki lebih dari 2 buah port USB baik di bagian depan ataupun belakang. Cobalah semua port yang ada dan lihat hasilnya. Jika masih belum berhasil cobalah colokkan flashdisk di beberapa komputer lainnya. Jika flashdisk tersebut kemudian terdeteksi, maka bisa disimpulkan bahwa port USB pada komputer pertama adalah sumber permasalahannya, namun jika belum juga terdeteksi bisa jadi flashdisk tersebut memiliki kerusakan dengan tingkat kemungkinan diatas 80% (hukum probabilitas). Dengan tingkat kemungkinan mencapai 80% maka ada sisa kemungkinan sebanyak 20% yang patut Anda coba.

2. Kemungkinan lainnya adalah kesalahan konfigurasi pada BIOS. Cobalah masuk ke BIOS dan kemudian lihat konfigurasi setup USB port apakah disable atau enable. Jika ternyata menunjukan disable, maka ganti dengan enable. Konfigurasi BIOS bisa saja berubah manakala terjadi error atau disebabkan oleh melemahnya batere CMOS.

3. Beberapa virus komputer bisa menyebabkan kerusakan pada sistem registry dan merubah beberapa value Dwords di dalamnya yang menyebabkan tidak bisa mendeteksi perangkat keras tanpa instalasi atau yang biasa disebut sebagai PnP (Plug And Play) device seperti flashdisk. Oleh karenanya jangan lupa selalu pastikan komputer Anda telah terpasang software Antivirus. Terdapat begitu banyak software Antivirus gratis terbaik edisi full version yang bisa Anda gunakan untuk menjaga keamanan komputer dari berbagai serangan virus berbahaya. Anda bisa mencoba untuk masuk kedalam sistem registry dengan cara klik tombol Start - Run - ketik Regedit - Enter. Setelah masuk kedalam sistem registry, kemudian buka folder HKEY_LOCAL_MACHINE - SYSTEM - CurrentControlSet - Services - USBSTOR.

Penyebab masalah flashdisk tidak terbaca dan terdeteksi di komputer dan cara mengatasinya - www.teknologiz.com
Setting sistem registry flashdisk enable
Pengaturan alami (default) Dwords pada komputer umumnya memiliki nilai 3. Jika nilai angka yang terdapat pada Dwords bukan 3, maka gantilah angka tersebut ke konfigurasi default yaitu angka 3 kemudian keluar dan restart komputer.
Penyebab masalah flashdisk tidak terbaca dan terdeteksi di komputer dan cara mengatasinya - www.teknologiz.com

Demikian beberapa informasi mengenai permasalahan pada flashdisk serta cara mengatasinya. Selamat mencoba dan semoga tips ini bermanfaat bagi Anda yang saat ini tengah memiliki permasalahan seputar flashdisk yang tidak mau terdeteksi di komputer PC atau notebook.
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 ArticleCrown