Bagaimana cara merawat flashdisk agar tidak cepat rusak?

Anda menggunakan flashdisk untuk menyimpan data-data penting?. Tahukah Anda jika penggunaan flashdisk yang berlebihan serta tak sesuai aturan memang kerapkali menjadi penyebab utama flashdisk bermasalah. Lalu bagaimana cara merawat flashdisk agar tidak cepat rusak?. Mungkin pertanyaan tersebut sering muncul dalam benak Anda manakala flashdisk yang Anda gunakan kerap rusak. Terlebih lagi jika didalamnya terdapat data-data penting dan berharga. Pasti situasi tersebut sangat menjengkelkan bukan?.

Flashdisk atau USB Flash Drive merupakan salah satu alat penyimpan data yang didalamnya terdapat komponen-komponen elektronik berupa chip memory yang bisa menyimpan dan membuka data. Fungsinya hampir mirip dengan eksternal harddisk, hanya saja flashdisk pada umumnya memiliki ukuran yang lebih mini dan kapasitas penyimpanan yang tidak sebesar harddisk. Komponen-komponen yang terdapat pada flashdisk juga cukup mirip dengan harddisk, hanya saja harddisk menggunakan semacam mata cakram bertuang yang menempel pada piringan. 

Komponen-komponen perangkat keras seperti chip memory dan sambungan USB yang terdapat pada flashdisk terbilang cukup rentan manakala Anda tidak menjaganya dengan baik. Lalu bagaimana cara merawat flashdisk yang benar supaya awet dan tidak cepat rusak?. Nah, pada kesempatan kali ini situs berita teknologi akan memberikan beberapa tips cara merawat flashdisk:

cara merawat flashdisk agar tidak cepat rusak - www.teknologiz.com

1. Scan dan bersihkan flashdisk
Biasakan untuk selalu melakukan scan setiap kali flashdisk hendak digunakan. Hal ini untuk menghindarkan flashdisk dari adanya penyusupan berupa virus ataupun malware, terutama flashdisk yang sering digunakan pada komputer PC atau laptop yang berbeda-beda. Sebagai tindakan pencegahan, Anda juga bisa menginstal antivirus pada komputer pribadi Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa lihat pada artikel sebelumnya yang diterbitkan oleh situs berita teknologi yang berjudul Antivirus gratis terbaik.

2. Jangan sering format flashdisk
Jangan melakukan format flashdisk kecuali jika memang diperlukan. Misalnya jika flashdisk tiba-tiba hang atau error sehingga menyebabkan flashdisk tidak terbaca di komputer. Pada kondisi ini biasanya akan muncul pesan pada layar komputer yang merekomendasikan Anda untuk melakukan pemformatan flashdisk.

3. Jauhkan flashdisk dari benda-benda yang mengandung magnet
Komponen-komponen elektronik yang ada didalam flashdisk selain rentan dengan air juga rentan terhadap benda-benda atau objek yang mengandung medan magnet. Jadi usahakan flashdisk Anda selalu berada pada jarak aman terhadap objek-objek berbahaya ini.

4. Lindungi flashdisk dari benturan
Selalu pastikan flashdisk yang Anda miliki berada di tempat yang aman dan terhindar dari benturan seperti didalam saku, digantungkan di leher atau dimasukkan kedalam tas yang memiliki bantalan empuk.

5. Lindungi flashdisk dari suhu panas, dingin dan lembab
Selain air, magnet, benturan, suhu panas dan dingin, kelembaban juga menjadi musuh utama dari flashdisk. Selalu tempatkan flashdisk pada suhu yang kering dan bersih agar tidak terjadi korosi pada komponen-komponen didalamnya.

6. Safely Remove Hardware
Selalu pastikan Anda melakukan prosedur "Safely Remove Hardware" atau eject terlebih dahulu sebelum flashdisk dicabut dari port komputer, laptop atau ultrabook tempatnya menancap. Kebiasaan langsung mencabut flashdisk tanpa terlebih dahulu memberhentikan proses yang sedang berjalan didalamnya biasanya menjadi faktor yang paling sering jadi penyebab masalah flashdisk tidak terbaca di komputer. Akibat yang ditimbulkan dari perlakuan seperti ini adalah flashdisk menjadi lebih cepat rusak dan tidak berfungsi lagi.

Demikian tips sederhana bagaimana merawat flashdisk agar tidak cepat rusak yang bisa menjadi referensi Anda saat menggunakan flashdisk. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk berikan komentarnya.
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 ArticleCrown