Cara membuat tethering hotspot pada smartphone Android

Jika Anda menemukan salah satu menu bernama Tethering Hotspot di dalam smartphone Anda, maka itu artinya smartphone Anda dapat difungsikan sebagai pemancar wifi bagi perangkat lain (client). Lalu bagaimanakah cara membuat tethering hotspot pada smartphone Android?. Metode tethering hotspot pada dasarnya memiliki konsep telepon seluler atau smartphone yang terhubung dengan internet dan bertindak menjadi sebuah titik akses internet oleh perangkat lainnya. Perangkat yang menggunakan tethering ini kemudian dijadikan sebagai gerbang koneksi internet yang terhubung dengan perangkat-perangkat lain yang bisa di akses dengan menggunakan Bluetooth, USB port ataupun Wifi (Wireless Fidelity).

Tethering hotspot bisa juga diibaratkan secara lebih gamblang, yakni sebuah smartphone atau ponsel yang fungsinya hampir mirip dengan modem yang terkoneksi dengan internet dan bisa di akses oleh smartphone ataupun perangkat lainnya seperti laptop, ultrabook, dan komputer dengan menggunakan berbagai metode termasuk wireless atau nirkabel. Dengan metode ini berarti koneksi internet yang terdapat pada satu perangkat bisa di bagi atau ditambatkan (tether) ke lebih dari satu perangkat lainnya.

Pada umumnya hampir semua smartphone yang berbasis Android 2.2 Froyo (Frozen Yoghurt) keatas bisa dijadikan sarana tethering hotspot. Nah, sebelum Anda melakukan tethering hotspot, pastikan perangkat ponsel yang Anda gunakan memiliki tenaga baterai dan pulsa yang cukup untuk melakukan koneksi. Perlu untuk diketahui bahwa dengan memakai tethering hotspot, maka tentunya daya perangkat yang dijadikan titik hotspot akan menjadi lebih cepat habis, begitu pula dengan pulsa akibat koneksi internet yang dibagi-bagi. Oleh karenanya sangat disarankan bagi Anda untuk daftar paket internet terlebih dahulu agar penggunaan pulsa menjadi jauh lebih ekonomis.

Seperti yang telah dijelaskan bahwa metode tethering hotspot bisa diakses melalui berbagai cara. Umumnya fungsi tethering dengan menggunakan kabel data USB lebih mudah untuk dilakukan daripada Wifi karena pada tahap konfigurasi atau pengaturan, default dari "USB tethering" ini adalah Off jika tidak ada kabel yang terkoneksi ke perangkat ponsel tersebut. 

Cara membuat tethering hotspot pada smartphone Android - www.teknologiz.com
Tethering hotspot
Sebelum Anda membuat tethering hotspot, ada beberapa langkah pengaturan yang terlebih dahulu mesti Anda lakukan, langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke pengaturan smartphone, kemudian pilih Setting >> Wireless & Network >> Tethering & portable hotspot.
2. Kemudian pilih Portable Wi-Fi hotspot dan sentuh untuk mengaktifkan.
3. Tethering sudah ON dan bisa langsung diakses.

Namun apabila akses yang diinginkan hanya untuk kalangan tertentu, maka Anda bisa menggunakan opsi pengisian password. Dengan menggunakan metode ini, maka akses internet bisa lebih terjaga dan dibatasi hanya untuk ke pengguna tertentu saja. Caranya adalah dengan mengaktifkan aplikasi Mobile AP. Saat Mobile AP di aktifkan, maka secara otomatis perangkat akan langsung mendeteksi keberadaan sinyal Portable Hotspot, kemudian langkah selanjutnya melakukan konfigurasi pengisian password. Konfigurasi ini biasanya berbeda-beda sesuai dengan perangkat yang digunakan. Jika Anda menggunakan seri Samsung Galaxy, maka langkahnya adalah dengan memilih Configure >> Network SSID >> WPA/WPA2 >> Security >> Personal >> Masukkan password >> Save. Saat hotspot sudah aktif, maka setiap perangkat yang terkoneksi akan diminta untuk memasukkan password.

Nah, mudah bukan untuk bisa membuat konfigurasi tethering hotspot sendiri. Untuk penjelasan yang lebih jelas dan detail mengenai tethering hotspot, maka situs berita teknologi juga telah menyertakan video tutorial bagaimana membuat tethering hotspot untuk Anda simak.

Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 ArticleCrown