Cara menangani handphone yang basah terkena air atau kemasukan cairan

Keadaan dan situasi bisa saja berubah tanpa disangka-sangka. Seperti misalnya dengan tanpa sengaja tiba-tiba Anda menjatuhkan handphone atau smartphone Anda kedalam cairan?Jangan cemas, karena ada tips dan cara menangani handphone yang basah terkena air atau kemasukan cairan untuk mengatasi permasalahan seputar ponsel ataupun smartphone Anda yang tanpa sengaja terkena basahan air. Handphone merupakan salah satu barang yang erat dengan aktifitas yang biasa dilakukan sehari-hari dan terkadang penggunaannya tak hanya terbatas saat melakukan aktifitas yang bersifat kering saja bahkan bisa jadi manakala Anda sedang berada didalam toilet tiba-tiba handphone Anda terjatuh tanpa sengaja dan masuk ke air. Lalu langkah-langkah apa saja yang mesti dilakukan guna mengatasi permasalahan tersebut?. Teknologiz.com akan membahas lebih lanjut mengenai beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk menyelamatkan gadget Anda yang terkena air.

Air merupakan salah satu unsur yang bisa membahayakan bagi komponen-komponen elektronik sesuai sifatnya yaitu korosif. Oleh karenanya sangat disarankan jika Anda menjauhkan gadget Anda dari unsur ini pada saat melakukan aktifitas. Namun jika memang saat tengah beraktifitas dan tanpa sengaja handphone Anda terjatuh sehingga terlanjur kemasukan air, maka tips-tips berikut ini setidaknya bisa Anda gunakan sebagai langkah awal tindakan untuk menyelamatkan handphone yang terkena air

Cara menangani handphone atau smartphone yang terkena air atau kemasukan cairan - www.teknologiz.com
Handphone yang basah terkena air
1. Segera matikan handphone. Lakukanlah dengan cara normal dan secepat mungkin sebelum air sempat menyentuh komponen-komponen penting yang ada dalam perangkat telepon genggam Anda. Saat handphone dimatikan maka secara otomatis arus aliran listrik akan terputus sehingga tidak terlanjur menyebabkan korsleting listrik pada komponen-komponen yang ada didalam handphone.

2. Selain mematikan handphone, langkah selanjutnya yang juga mesti Anda lakukan adalah mencabut baterai handphone. Saat baterai di cabut maka semua aliran listrik akan langsung terputus sehingga tidak menyebabkan terjadinya hubungan pendek arus listrik. Selain itu, tindakan mencopot baterai juga merupakan salah satu langkah penyelamatan bagi baterai itu sendiri agar tidak keburu kemasukan air. Jangan lupa juga untuk mencopot kartu SIM serta memori eksternal pada handphone sebagai tindakan penyelamatan data-data penting yang Anda miliki didalamnya. Jika kondisi baterai, kartu SIM dan memori dalam keadaan basah, maka Anda segera keringkan menggunakan tissue kering atau kain lap bersih.

3. Jika memang dimungkinkan, buka semua bagian-bagian handphone atau smartphone Android yang basah tersebut semaksimal mungkin bisa Anda copot. Keringkanlah satu persatu dengan menggunakan kain kering yang bersih atau meletakkannya di tempat-tempat yang cukup hangat seperti dengan cara menyinarinya dibawah lampu, diatas televisi atau dengan menggunakan pengering rambut. Pastikan memasangnya kembali dalam keadaan yang sudah benar-benar kering.

4. Beberapa teori pernah mengungkapkan bahwa barang-barang elektronik yang terkena air bisa dikeringkan dengan cara tradisional, yaitu dengan cara dimasukkan ditempat penyimpanan beras. Sifat beras yang kering dipercaya mampu untuk menyerap kelembaban air. Gunakan wadah seperti piring kecil untuk meletakkan handphone dan simpan dalam tempat beras yang tertutup dan terhindar dari sinar matahari langsung maupun dari panas. Simpanlah dengan rentang waktu selama 1 hingga 2 hari.

5. Setelah Anda rasa handphone tersebut telah benar-benar kering, maka langkah selanjutnya adalah memasang semua komponen-komponennya kembali dan kemudian nyalakan. Apabila handphone bisa langsung menyala secara normal, berarti semua tindakan-tindakan tersebut membuahkan hasil. Jika ternyata terjadi masalah seperti kartu SIM atau kartu memori tidak terdeteksi, maka ada baiknya jika Anda menggunakan kartu SIM maupun kartu memori yang berbeda. Masalah lain yang kerap terjadi misalnya tampilan layar yang berwarna putih atau blank ataupun tidak bisa masuk hingga ke tampilan menu utama. Jika ini terjadi, maka Anda bisa mengetestnya dengan cara mengganti baterai dengan baterai cadangan karena bisa saja baterai yang Anda gunakan sudah rusak karena sudah terlanjur kemasukan air sehingga tidak lagi bisa memasok arus yang optimal.

6. Jika masalah pada handphone tidak juga teratasi, ada baiknya jika Anda segera membawanya ke Service Center untuk diperiksa kerusakannya lebih lanjut agar bisa dilakukan penggantian komponen oleh teknisi.

Cara-cara diatas mungkin tidak 100% berhasil, namun hal-hal tersebut merupakan cara-cara gratis dan terbaik yang setidaknya bisa Anda gunakan sebagai langkah awal tindakan penyelamatan yang bisa Anda lakukan bagi handphone Anda guna meminimalisir kerusakan parah yang bisa saja terjadi. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencobanya.
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 ArticleCrown