Fitur BlackBerry 10 OS terbaru, apa kelebihannya?

Research In Motion, perusahaan seluler yang berasal Kanada ini nampaknya telah siap dengan produk terbaru yang telah mengadopsi fitur BlackBerry 10 OS, lalau apakah kelebihan yang dimilikinya?. Tahun depan adalah tantangan yang paling berat bagi para produsen gadget yang memasarkan produknya di tanah air. Hal tersebut tidak lepas dari semakin keras persaingan di dunia gadget secara menyeluruh. Tahun 2013 sedianya akan menjadi "hujan" smartphone dari hampir semua produsen, baik produsen besar maupun produsen lokal yang semuanya berlomba-lomba dalam menarik minat konsumen.

Beberapa produsen ponsel kelas premium pun kini tengah mencari celah serta timing yang tepat untuk menebar produk-produknya. Kabar pertama datang dari Samsung yang digosipkan kini telah bersiap untuk menerjunkan "pasukan" Samsung Galaxy S4 OLED terbarunya, begitu juga dengan Apple yang dilaporkan siap mengkapalkan iPhone 4S untuk diproduksi massal, lalu kemudian ada HTC yang mengeluarkan sebuah masterpiece seri HTC Deluxe-nya yang kabarnya menjadi "raja" dari para smartphone. Dan yang terakhir dan tak mau ketinggalan untuk mendapatkan jatah porsi dalam persaingan ini adalah RIM. Research In Motion atau RIM merupakan salah satu produsen BlackBerry asal Kanada yang kini kabarnya akan mengusung BlackBerry 10 untuk ditambatkan kedalam BlackBerry London, salah satu smartphone terbaru 2013 yang tahun depan positif bakal dirilis RIM.

Belum genap 1 bulan dirilisnya BlackBerry Bold 9790 Pink yang menyandang BlackBerry OS 7.1,  kini desas-desus kembali menghampiri RIM. Kelanjutan OS BlackBerry 10 yang awalnya dianggap sebagai rumor guna menggedor Android, kini kabarnya pun kian berhembus kencang. RIM memang kini tengah serius mengembangkan BlackBerry 10 yang pada peluncuran perdananya akan dibenamkan kedalam varian baru bernama BlackBerry London yang disebut-sebut menjadi seri BlackBerry paling superior diantara seri BlackBerry lainnya. BlackBerry London juga akan dikemas dengan user interface yang "wah" dan serba baru. Nah, kira-kira apa saja ya fitur-fitur BlackBerry 10 yang katanya bisa diandalkan ini?

Fitur BlackBerry 10 OS

1. Home Tiles
Home Tiles mirip seperti yang digunakan pada PlayBook. Smartphone yang mengusung OS BlackBerry 10 akan mempergunakan tampilan aplikasi dalam bentuk kotak yang dapat disesuaikan. Home tiles ini terdapat pada halaman muka (home screen). Kotak-kotak tiles ini bukan hanya dapat difungsikan sebagai fitur untuk membuka atau menutup berbagai aplikasi yang terdapat didalamnya saja, akan tetapi informasi juga dimungkinkan akan terus bergulir ketika diaktifkan dan terkoneksi dengan internet. Misalnya saat membuka akun sosial media seperti Twitter ataupun Facebook lalu kemudian menyematkannya pada fitur ini, maka timeline Home Tiles akan memberikan alert jika ada informasi update yang masuk. Mungkin fitur ini bisa dibilang agak sedikit memiliki kemiripan dengan aplikasi Social Jogger pada smartphone Android.

2. On Screen Digital Keyboard
"Aroma" baru BB10 dimulai dari menghilangnya fisik keyboard QWERTY secara keseluruhan dan berganti ke module layar sentuh (full touchscreen) dengan menggunakan digital keyboard. Penampilan baru ini tentu akan membuat BlackBerry terlihat lebih lega dan elegan dari biasanya karena layar LCD akan menutup casing secara utuh seperti yang digunakan pada smartphone-smartphone berbasis Android OS.

3. BlackBerry Hub
BlackBerry Hub merupakan sebuah fitur yang berada pada halaman muka dari BB10 yang dimana disinilah terdapat akses-akses ke berbagai aplikasi-aplikasi penting. Dengan BlackBerry Hub, maka pengguna memiliki cara yang paling cepat dan mudah dalam mengakses SMS, Email, BlackBerry Messenger. Cukup dengan menyentuh icon BlackBerry Hub, dan semua aplikasi dapat dibuka.

4. Peek At The Inbox
Peek at the Inbox merupakan salah satu fitur "mengintip" yang difasilitasi oleh BB10. Dengan fasilitas ini, maka kegiatan mengintip kotak masuk (inbox) dapat dengan mudah dilakukan tanpa harus mematikan atau keluar terlebih dahulu dari aplikasi yang sedang berjalan. Untuk mengakses peek at the inbox, pengguna hanya cukup melakukan gerakan menggeser/slide dari layar bawah ke atas dan kanan. Fitur seperti ini juga terdapat pada Android versi 2.2 Froyo Frozen Yoghurt ke atas.

5. Smart Camera
Smartphone BB 10 merupakan salah satu kamera digital pintar yang dikembangkan oleh RIM. Dengan menggunakan kamera ini, maka pengambilan gambar ekspresi wajah seseorang bisa ditentukan oleh penggunanya (auto face detection). Kamera inilah yang sedianya akan dibenamkan kedalam BlackBerry 10. Beberapa sumber mengatakan bahwa OS BlackBerry 10 adalah akan menjadi platform dari BlackBerry Aristo, beberapa lagi mengklaim jika BlackBerry London menjadi smartphone perdana dari RIM yang nantinya mengusung OS baru BlackBerry ini. Penasaran seperti apa wujud aslinya?. Kita tunggu saja kehadirannya di tahun 2013 nanti. Nah, untuk sedikit menghilangkan rasa penasaran Anda, maka situs berita teknologi sudah menyiapkan video review dari BlackBerry 10 yang bisa Anda simak dibawah ini.


BlackBerry 10 user interface (image: http://en.wikipedia.org)
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 ArticleCrown