Tips dan cara membuat password yang aman dan mudah diingat

Lupa, mungkin hal tersebut menjadi hal paling manusiawi yang kerap dilakukan oleh manusia. Nah, kira-kira seberapa sering Anda melupakan password ataupun username Anda pada saat login di Facebook, Twitter atau pada saat ingin mengakses email Anda?. Jika terlampau sering, maka tips dan cara membuat password yang aman dan mudah diingat pada kesempatan kali ini pasti akan memberikan manfaat bagi Anda. Password atau kata sandi secara harfiah dapat diartikan sebagai serangkaian kode-kode yang berupa kumpulan karakter atau numerik yang memverifikasi seorang pengguna saat masuk kedalam sebuah sistem agar bisa dikenali. Kata sandi merupakan salah satu hal penting yang memproteksi keamanan dari kepemilikan akun-akun yang telah dibuat. Begitu pentingnya peranan sebuah password justru membuat sebagian orang terkadang membuatnya begitu rumit sehingga akan  sulit sekali untuk di ingat. Hasilnya adalah merasa kesulitan manakala hendak melakukan login kembali.

Oleh karenanya, blog berita teknologi ingin memberikan beberapa tips dalam membuat password yang mudah untuk di ingat sekaligus aman namun sulit untuk dipecahkan. Bentuk-bentuk kata sandi bisa bermacam-macam, namun kata sandi yang baik dan kuat sebaiknya mengandung unsur-unsur huruf, angka atau numerik, spesial karakter seperti spasi, garis bawah, pagar, bintang serta sekurang-kurangnya terdiri atas 7 hingga 8 karakter.

Hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan dalam membuat sebuah kata sandi adalah dengan menggunakan tanggal lahir, nomer telepon, nomer kendaraan ataupun nomer urut karena hal tersebut tentunya akan sangat mudah ditebak. Oleh karenanya, jika pada saat ini Anda tengah merasa bingung untuk memilih sebuah kata sandi yang aman namun gampang diingat, maka www.teknologiz.com akan memberikan beberapa contoh dan referensi bagaimana cara membuat sebuah password yang kuat dan aman sekaligus mudah diingat.

Tips dan cara membuat password yang aman - www.teknologiz.com

Bagaimana dengan kata sandi ini "af80hb13ra82yv13"?. Terasa sulit untuk menghafalnya?. Sebenarnya membuat kata sandi semacam itu cukup mudah. Caranya adalah sebagai berikut:

Bayangkan keluarga dari paman Anda yang memiliki seorang anak bernama Anton Firmansyah yang lahir pada tahun 1980 dimana ia selalu bekerja dengan menggunakan sepeda motor Honda Beat injeksi terbaru tahun 2013. Selain itu paman Anda juga memiliki seorang anak bernama Reka Afianto kelahiran tahun 1982 yang setiap harinya menggunakan Yamaha Vixion lightning 2013. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan sebagai berikut:

af80 : Anton Firmansyah kelahiran tahun 1980
hb13: Honda Beat 2013
ra82 : Reka Afianto kelahiran tahun 1982
yv13 : Yamaha Vixion 2013

Selain contoh diatas, dalam membuat kata sandi juga bisa dengan cara lain, yakni dengan mengganti huruf-huruf yang memiliki kemiripan dengan angka. Misalnya huruf A menjadi 4, G menjadi 9, B menjadi 8 dan lain sebagainya. Sebagai contoh j4k4rt4. Atau Anda juga bisa menyelipkan karakter spesial dibagian penghujung dan menjadi j4k4rt4_ atau dapat juga dengan menggunakan huruf kapital pada bagian depan dan belakang yang dikombinasikan dengan angka di bagian tengah dan spesial karaktek di penghujungnya sehingga menjadi J4k4rtA_. Nah, jika Anda ingin lebih memperumitnya, maka Anda bisa menggunakan kata lain yang memiliki jumlah huruf yang jauh lebih banyak lagi.

Demikianlah beberapa tips serta cara membuat password yang aman tapi mudah diingat. Sebagai kata penutup, www.teknologiz.com ingin mengingatkan Anda untuk memperbaharui kata sandi yang Anda miliki jika dirasa kurang kuat serta aman agar terhindar hal-hal yang tidak diinginkan. Demikianlah informasi yang bisa disampaikan. Semoga dapat bermanfaat.
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 ArticleCrown