Tips membeli smartphone berkualitas dan bagus

Tips membeli smartphone berkualitas dan bagus pada kesempatan kali ini akan diungkap teknosentris untuk Anda. Jika pada saat ini Anda sedang bingung dalam menentukan smartphone seperti apa yang ingin Anda beli dengan harga yang terjangkau namun memiliki fitur lengkap, maka tips membeli smartphone berkualitas dan bagus menjadi topik pembahasan yang akan diulas oleh blog teknologi berikut ini. Melalui tips ini pula blog teknologi akan memberikan tips seputar cara memilih smartphone yang baik dan memberikan penjelasan detail kepada Anda mengenai bagaimana mencari kriteria dalam memilih smartphone ataupun handphone yang paling baik dan sesuai dengan keinginan Anda.

Sebenarnya dalam mencari dan menentukan sebuah smartphone/handphone yang hendak dibeli bukanlah hal yang sulit karena hal paling penting yang pertama kali Anda bisa lakukan adalah dengan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda disamping juga budget yang Anda miliki tentunya. Meskipun demikian, pada kenyataannya masih begitu banyak orang yang bingung saat hendak menentukan smartphone yang ingin dibeli. Bisa jadi hal tersebut dikarenakan begitu banyaknya pilihan merk, fitur serta kurangnya informasi ataupun  product knowledge suatu smartphone. 

Namun percayalah hal tersebut sangat wajar mengingat begitu banyaknya tawaran smartphone dengan beragam kriteria serta fitur-fitur yang menarik. Meskipun begitu, sekarang mulailah bertanya kepada diri Anda sekali lagi, apakah fitur-fitur tersebut nantinya akan Anda gunakan atau jangan-jangan hanya bagian dari pelengkap saja yang ujung-ujungnya hanya akan membuat harga smartphone tersebut menjadi tinggi.

Nah, agar Anda tidak salah memilah dan memilih dalam menentukan kriteria-kriteria smartphone seperti apa saja yang berkualitas, maka blog teknologi akan memberikan beberapa tips mencari smartphone berkualitas untuk Anda beli. Dan inilah beberapa tips-tipsnya:

Tips memilih dan membeli smartphone berkualitas - www.teknologiz.com
Tips dalam memilih smartphone yang berkualitas
1. Perencanaan anggaran
Sebelum mulai untuk memilih sebuah smartphone idaman, alangkah baiknya jika Anda melakukan perencanaan serta estimasi range harga terlebih dahulu. Jika memang memungkinkan, carilah ponsel dengan kriteria dan spesifikasi yang cukup tinggi dengan harga yang minimal. Sebagai salah satu referensi Anda sebelum membeli smartphone, mungkin Anda tertarik untuk terlebih dahulu membaca salah satu artikel dari situs berita teknologi yang berjudul daftar smartphone android harga dibawah 1 juta rupiah.

2. Menentukan merk
Setelah melakukan perencanaan anggaran atau budgeting, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menentukan merk yang paling Anda minati. Jika merk sudah Anda tentukan, kemudian kerucutkan menjadi varian atau beberapa seri yang paling Anda inginkan lalu mulailah bandingkan dengan beberapa varian yang serupa. Hal ini bisa dilakukan sebagai bahan perbandingan atau komparasi dalam mencari alternatif terbaik dari beberapa pilihan. Sebagai referensi Anda, dalam kesempatan sebelumnya situs berita teknologi juga telah menerbitkan artikel mengenai beberapa smartphone Acer yang masuk dalam daftar harga yang cukup murah namun memiliki performa yang lumayan bagus, model tersebut adalah dua seri Acer terbaru yaitu Acer Liquid Z110 dan Acer Liquid Gallant Duo E350 serta seri Bold terbaru dari RIM yaitu BlackBerry 9790 Pink edition.

3. Desain dan model yang diinginkan
Bagi sebagian orang, desain merupakan salah satu hal penting yang memberikan pengaruh besar terhadap pemilihan sebuah gadget. Tentukanlah desain gadget yang seperti apa yang ingin Anda cari. Model candy bar, touchscreen, slim ataukah justru yang memiliki desain yang unik.

4. Layar LCD dan resolusi gambar
Setelah menentukan model, kemudian Anda bisa beralih ke pemilihan LCD. Untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas, maka Anda bisa bertanya kepada sales counter perihal jenis serta ketajaman layar atau mungkin Anda juga bisa mendapatkannya melalui brosur-brosur yang biasanya terdapat di setiap counter-counter penjualan smartphone. Resolusi layar smartphone sangatlah bervariasi, dari mulai yang memiliki resolusi 320×240, 480×320, 800×480 , 1024×600 piksel hingga 65ribu, 262 ribu dan 16 juta warna. Semakin besar resolusi tampilan layar sebuah smartphone, maka tentu saja smartphone tersebut menjadi semakin lebih baik. Jenis layar atau screen dari smartphone juga bermacam-macam, antara lain yaitu layar LCD, TFT, dan IPS.

4. Jenis dan kemampuan perangkat keras
Mengetahui performa hardware tentu akan membuat pilihan Anda semakin terarah dan semakin baik. Hal pertama yang Anda lakukan adalah mengecek prosesor. Prosesor merupakan salah satu hal yang paling penting yang dimiliki oleh sebuah smartphone. Kecepatan serta performa sebuah prosesor akan sangat menentukan kecepatan suatu aplikasi pada saat dijalankan. Untuk saat ini terdapat bermacam-macam prosesor yang memiliki performa yang cukup baik, diantaranya adalah Mediatek dan Qualcomm Snapdragon.

Selain mengecek jenis prosesor, Anda juga direkomendasikan untuk mengecek perangkat keras lainnya seperti baterai, kapasitas RAM dan ROM, dukungan slot memori eksternal, kamera dan lain sebagainya.

5. Fitur standar bawaan smartphone dan koneksi jaringan
Mengecek fitur-fitur apa saja yang menjadi standar bawaan smartphone dan jenis-jenis konektifitas jaringan sebuah smartphone juga menjadi hal yang penting. Semakin lengkap fitur-fiturnya, maka tentu akan semakin baik nilai smartphone tersebut. Mengenai jenis-jenis konektifitas sebuah smartphone, standarnya adalah GSM (900/1800/1900 MHz) & HSDPA (900/1900/2100) yang sudah mendukung koneksi jaringan di luar Indonesia sehingga Anda tetap bisa terkoneksi dengan internet meskipun smartphone tersebut Anda bawa ke luar negeri.


6. Sistem Operasi (Operating System)
Jenis-jenis dan versi Android Operating System sangatlah bermacam-macam, dari mulai Android versi 1.1, Android versi 1.5 (Cupcake), Android versi 1.6 (Donut), Android versi 2.0/2.1 (Eclair), Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt), Android versi 2.3 (Gingerbread), Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb), Android versi 4.0 (ICS: Ice Cream Sandwich), Android versi 4.1 (Jelly Bean) dan yang terbaru yaitu Key Lime Pie masih menunggu untuk dirilis. Pemilihan sebuah sistem operasi tidak terlalu sepenting pemilihan hardware sebab sistem operasi bersifat upgrade-able atau dapat ditingkatkan. 

7. Layanan purna jual (after sales service) dan garansi
Nah, ini dia yang paling penting, layanan purna jual. Dukungan after sales service yang baik tentu akan menjadi nilai plus dari suatu produk. Semakin banyak tempat-tempat layanan purna jual dari suatu produk, maka akan semakin memudahkan Anda untuk bisa melakukan servis manakala smartphone yang Anda miliki mengalami masalah. Selain hal tersebut, mendapatkan informasi yang detail mengenai masa garansi suatu produk adalah sebuah keharusan bagi Anda saat hendak memutuskan membeli sebuah smartphone.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda coba pada saat mencari kriteria smartphone yang ingin Anda beli. Semoga tips ini bisa membantu.
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 ArticleCrown