Pengertian 3G pada koneksi ponsel, smartphone dan perangkat telekomunikasi

Begitu banyaknya ponsel ataupun gadget keluaran terbaru yang telah mengusung 3G sebagai salah satu fiturnya. Selain salah satu keunggulan yang wajib dimiliki oleh gadget di jaman sekarang, ternyata banyak pengguna yang masih belum memahami arti dari 3G. Lalu apa sebenarnya arti atau pengertian 3G pada koneksi ponsel, smartphone dan perangkat telekomunikasi?. Secara harfiah atau bahasa, 3G memiliki pemahaman berupa teknologi generasi ketiga atau third generation technology. 3G sendiri merupakan salah satu standar yang sekarang telah menjadi ketetapan badan persatuan telekomunikasi internasional (International Telecommunication Union/ITU) sebagai standar konektifitas untuk digunakan pada perangkat jaringan ponsel secara global hampir disemua negara maju dan berkembang.

Peranan perangkat telepon selular di masa kini telah meningkat secara signifikan serta mengalami pergeseran fungsi yaitu dari fungsi utamanya yang hanya untuk mengirimkan sejumlah teks yang berupa layanan SMS dan telponan menjadi pengaksesan melalui internet serta melakukan streaming video dan multimedia secara langsung dari sumber-sumber di internet. Pergeseran inilah yang kemudian menjadikan 3G kian populer sehingga menjadi semacam persyaratan yang wajib tersedia pada ponsel-ponsel berteknologi canggih atau yang sekarang dikenal dengan nama smartphone.

Dengan menggunakan 3G, maka pengguna smartphone atau telepon selular berbasis jaringan 3G akan dapat menikmati kecepatan akses hingga 384kbps dalam kondisi statis atau pada saat melaju dengan momentum pergerakan berjalan kaki, pergerakan ini bisa diasumsikan memiliki kecepatan 10-15 km/jam saat perangkatnya terkoneksi ke internet. Namun kecepatan paket koneksi internet 3G bisa berkurang menjadi 128kbps manakala momentum pergerakannya dipercepat. Misalnya saja saat Anda menggunakannya diatas sebuah kendaraan bermotor seperti saat didalam sebuah mobil yang tengah berjalan ataupun saat berada diatas sepeda motor yang tengah melaju.

Berkat pengembangan dari 3G, maka saat ini beberapa perangkat sudah memungkinkan penggunanya untuk melakukan akses video lewat internet tanpa adanya gangguan koneksi. Begitu juga dengan panggilan telepon dengan menggunakan fitur video atau yang biasa disebut dengan video call. Dengan adanya teknologi 3G, tentu bentuk komunikasi yang bisa dilakukan bukan hanya melalui panggilan suara saja, akan tetapi juga pengguna dapat secara langsung melakukan panggilan video dan melihat lawan bicaranya. Teknologi ini kemudian diadaptasikan oleh sebagian besar produsen elektronik, khususnya para produsen smartphone dengan memberikan kelengkapan fitur dual kamera depan dan belakang pada perangkat yang dirilisnya guna mengakomodir keinginan calon pengguna yang memerlukan fasilitas video call ini. Beberapa produsen perangkat ponsel pintar yang merilis produknya di tanah air bahkan telah bekerjasama dengan layanan operator lokal guna mengakomodasi fitur ini kepada penggunanya, beberapa diantaranya adalah iPhone 5 bundling resmi, BlackBerry serta beberapa produsen lokal lainnya seperti ZTE Grand X V970M. 

Pengertian 3G - www.teknologiz.com

Seiring waktu, perkembangan 3G mengalami pergeseran ke 3.5G dan yang terakhir adalah 4G. 3.5G merupakan sebuah jaringan koneksi nirkabel yang mengadaptasikan teknologi berbasis HSDPA atau High-Speed Downlink Packet Access seperti yang digunakan pada modem GSM masa kini. Dan yang tak kalah penting sebagai panduan serta menjadi catatan Anda, 3G hanya mampu dihadirkan dengan adanya layanan operator yang juga mendukung koneksi berbasis 3G. Tanpa adanya layanan operator, 3G tidak dapat digunakan oleh sebuah perangkat telekomunikasi meskipun perangkat tersebut telah mendukung koneksi ini. Sedangkan cara termudah bagi Anda untuk mengenali apakah perangkat ponsel Anda telah mendukung fasilitas 3G atau tidak adalah dengan mengecek gelombang frekuensi yang terdapat pada ponsel yang Anda gunakan. Untuk ponsel GSM, fasilitas 3G hanya didukung oleh perangkat yang berada pada frekuensi 1900Mhz, sedangkan untuk perangkat CDMA frekuensi yang didukung adalah 800Mhz.

Untuk mengeceknya sangatlah mudah, jika Anda membeli sebuah smartphone baru, maka Anda bisa melihat fasilitas ini pada tabel koneksi yang terdapat pada brosur yang disertakan didalamnya. Pada umumnya, rata-rata perangkat telepon genggam modern telah menggunakan frekuensi 850, 900, 1800 dan 1900Mhz yang telah mendukung jaringan 3G ini.
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 ArticleCrown