Cara membuat kinerja komputer PC dan laptop lebih cepat dan optimal

Jika Anda kerap kali mendapati laptop atau komputer Anda kurang optimal saat digunakan, mungkin beberapa tips dan cara membuat kinerja komputer PC dan laptop lebih cepat dan optimal yang diulas oleh blogtekno pada kesempatan kali bisa menjadi inspirasi bagi Anda. Komputer dan laptop dengan kinerja yang cepat tentu menjadi dambaan tersendiri bagi penggunanya. Selain mampu menghasilkan pekerjaan yang jauh lebih baik dan lebih cepat, tentu waktu Anda akan jauh lebih efisien dan tak akan terbuang dengan percuma jika bekerja dengan menggunakan komputer yang memiliki performa optimal. Namun bagaimana bila ternyata kinerja yang dihasilkan belum sesuai dengan yang diharapkan?.

Sebaiknya Anda jangan terburu-buru mengambil keputusan untuk menjual komputer ataupun laptop yang saat ini Anda gunakan karena mungkin beberapa tips berikut ini bisa menjadi solusi jitu agar kinerja laptop dan komputer PC Anda mampu bekerja dengan lebih cepat dan optimal. Beberapa cara dibawah ini tergolong cukup simpel dan mudah untuk dilakukan karena perawatan laptop dan komputer PC berikut sebenarnya tak akan memakan waktu yang lama. Berikut adalah tips dan cara mempercepat kinerja pada komputer PC dan laptop yang bisa Anda lakukan sendiri dirumah:

Tips komputer sehat, membuat kinerja komputer PC dan laptop lebih cepat dan optimal - www.teknologiz.com

1. Lakukan perawatan komponen perangkat keras komputer secara berkala.
Bagi Anda yang menggunakan laptop, perawatan perangkat yang bisa Anda lakukan tentu tak sekompleks jika Anda menggunakan komputer PC karena yang perlu Anda lakukan hanyalah membersihkan komponen luarnya saja seperti layar LCD, sela-sela keyboard dan bagian casing luar dengan mempergunakan sebuah kain lap yang bersih. Namun jika Anda menggunakan komputer PC, maka sebelum terjadi masalah yang serius ada baiknya jika Anda membersihkannya secara berkala. Lakukan minimal sebulan atau 2 bulan sekali.

Peralatan yang Anda perlukan hanyalah sebuah kuas/sikat gigi, kain bersih serta sedikit cairan thinner yang dapat melarutkan resin serta debu. Caranya adalah dengan membongkar casing CPU Anda dan bersihkan area yang terlihat kotor dan berdebu. Jika mencopot komponen yang terpasang pada perangkat memang diperlukan, maka lakukanlah secara hati-hati dan perlahan terutama pada bagian kipas prosesor, harddisk, memory, kartu VGA, mainboard serta beberapa komponen penting lainnya yang memang dengan posisi yang sulit untuk dijangkau. Selain berhati-hati, pastikanlah Anda mengingat bagaimana komponen tersebut terpasang sebelumnya agar Anda dapat memasangnya kembali dengan sempurna setelah dibersihkan.

2. Gunakanlah aplikasi yang ringan.
Sebelum Anda melakukan instalasi, pastikanlah jika spesifikasi perangkat keras ataupun komponen yang terdapat didalamnya bisa mendukung dengan baik penggunaan aplikasi tersebut. Disinilah Anda sebaiknya bisa memilah dan memilih dengan tepat aplikasi mana yang tetap bisa mendukung aktifitas Anda namun tidak terlalu memforsir kinerja komputer ataupun laptop Anda.

Jika memang aplikasi tersebut benar-benar Anda perlukan, ada baiknya jika Anda memasang komponen tambahan yang memiliki fungsi serta spesifikasi yang mampu mendukung komputer untuk bisa menjalankannya dengan baik. Umumnya bisa dilakukan dengan cara menambah kapasitas memory dengan cara menambah atau menggantinya dengan ukuran kapasitas yang lebih besar. Jika Anda belum tahu bagaimana cara  melakukannya, maka Anda bisa menyimaknya terlebih dahulu pada pada artikel tentang cara merakit komputer yang dimuat pada terbitan sebelumnya.

3. Instal aplikasi Antivirus yang ringan namun berkualitas baik.
Kehadiran sebuah Antivirus tentu memiliki manfaat yang sangat besar bagi perangkat Anda agar tetap terlindung dengan baik dari segala bentuk virus, malware ataupun ancaman lain yang bisa mempengaruhi kinerja komputer. Untuk mendapatkannya juga cukup mudah, namun disarankan untuk menggunakan Antivirus yang memiliki performa baik namun tetap ringan bagi komputer. Pada saat ini telah begitu banyak Antivirus gratis terbaik 2014 yang bisa diunduh secara cuma-cuma melalui situs-situs resmi dari masing-masing pemilik Antivirus.

4. Meminimalisir tampilan desktop.
Gambar latar (background) yang berukuran besar juga mampu mempengaruhi kinerja dari komputer yang Anda gunakan. Oleh karenanya sangat disarankan jika Anda mulai menggunakan gambar yang berukuran kecil atau menggunakan tampilan kosong saja. Selain itu, minimalisir penggunaan shortcut pada desktop dan juga menjadikannya sebagai tempat untuk menyimpan file ataupun berkas-berkas pekerjaan Anda. Fungsikanlah secara optimal folder MyDocument ataupun ruang folder dalam harddisk yang Anda gunakan.

Jika memang dibutuhkan, Anda juga bisa menggunakan harddisk eksternal guna menyimpan ataupun menyalin file-file penting yang Anda memang butuhkan. 

5. Defragmenting dan disk cleanup secara berkala.
Jalankan program aplikasi defragmenting serta disk cleanup secara berkala guna mengoptimalkan kinerja komputer ataupun laptop yang Anda gunakan. Caranya adalah klik Start >> All Programs >> Accessories >> System Tools >> Disk Defragmenter / Disk Cleanup. Fungsi dari kedua aplikasi bawaan Windows ini adalah penataan kembali file-file saat Anda melakukan pekerjaan seperti membuka, edit serta menyimpan file pada harddisk. Pada saat inilah file-file pada media penyimpanan tersebut meninggalkan area kosong pada harddisk dalam bentuk fragmentasi yang bisa dirapatkan kembali dengan cara melakukan defragmentasi.

Lakukanlah secara berkala namun tetap rutin minimal 1 minggu sampai 2 minggu sekali pada komputer dan laptop yang Anda gunakan. Terlebih lagi jika Anda memang cukup intens mempergunakan perangkat komputer ataupun laptop untuk melakukan berbagai pekerjaan.

6. Hapus cookies, history dan optimalkan aplikasi Startup.
Hapuslah file-file sementara (temporary files) yang biasanya muncul saat Anda selesai melakukan browsing di internet. Selain itu Anda juga dapat mengoptimalkan fungsi aplikasi Startup hanya untuk program-program yang memang diperlukan saja. Hal ini dapat mempengaruhi kecepatan sistem operasi (OS) pada saat loading  ataupun booting dari fase BIOS hingga komputer siap digunakan.

Konfigurasi yang bisa Anda lakukan untuk mengatur menu Startup pada Windows XP dan Windows 7 adalah dengan cara klik Run >> msconfig >> Centang tab Startup. Atau tekan Win+R pada keyboard secara bersamaan. Tombol Win biasanya diwakili dengan gambar Windows pada keyboard. Setelah muncul jendela konfigurasi, maka aturlah pengaturan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

Demikianlah beberapa tips dari situs blog berita teknologi mengenai cara-cara sederhana dan mudah untuk membuat kinerja komputer PC dan laptop Anda lebih cepat dan optimal yang bisa Anda lakukan sendiri saat dirumah. Semoga membantu dan silakan berkomentar jika Anda ingin menambahkan beberapa poin lainnya dari yang telah disampaikan.
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 ArticleCrown