Cara memilih laptop yang baik, berkualitas dan tepat

Cara memilih laptop yang baik, berkualitas dan tepat. Ada banyak cara dan tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan laptop yang tepat, berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pada saat membeli. Jika Anda penasaran dengan tips dan cara memilih laptop yang baik dan berkualitas, maka pada kesempatan kali ini blog berita teknologi akan memberikan beberapa tips serta referensi yang diperlukan dalam memilih sebuah laptop atau notebook yang berkualitas.

Tak dapat dipungkiri bahwa ada sebagian orang yang berpendapat bahwa salah satu merk memiliki kualitas yang lebih dibandingkan merk lainnya. Namun tentunya hal tersebut tak sepenuhnya benar karena tingkat kekuatan serta keawetan sebuah laptop bukan hanya terdapat dari segi komponen internalnya saja akan tetapi juga sangat berpengaruh terhadap seberapa sering dan intensitas Anda dalam merawat dan membersihkan sebuah laptop yang digunakan.

Nah agar tak mengaburkan persepsi Anda dalam memilih sebuah laptop atau notebook yang bagus dan berkualitas, maka hendaklah Anda terlebih dahulu memperhatikan beberapa kriteria serta kondisi sebelum membeli. Dan kriteria-kriteria tersebut telah dirangkum oleh situs blog berita teknologi sebagai berikut:

Cara memilih laptop yang baik, berkualitas dan tepat - www.teknologiz.com

1. Hendaklah memilih sebuah laptop yang sudah terkemuka. 
Jika salah satu produsen telah mengalami grafik penjualan yang bagus, maka tentunya juga akan dibarengi dengan peningkatan fasilitas serta infrastruktur layanan purna jual (after sales) termasuk garansi dan juga layanan servis. Hal ini merupakan sebuah keuntungan tersendiri bagi para konsumennya karena akan menjadi lebih mudah dalam melakukan perbaikan terhadap unit yang mengalami kerusakan karena banyaknya titik-titik service counter diberbagai area yang telah disediakan oleh pihak produsen.

2. Komparasi harga dengan berbagai merk lainnya.
Maraknya pertumbuhan penjualan laptop tentu juga akan memberikan banyak nilai plus bagi para calon konsumennya, termasuk juga Anda karena Anda akan semakin memiliki banyak pilihan dan bisa dengan bebas melakukan komparasi harga guna mendapatkan sebuah laptop dengan harga yang murah namun tetap memiliki kualitas yang bagus.

3. Sesuaikan dengan kebutuhan.
Sebelum Anda membeli sebuah laptop, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan terlebih dahulu fungsi utama dari laptop yang nantinya Anda gunakan. Jika memang laptop tersebut nantinya akan digunakan untuk keperluan gaming yang super kencang, maka tentu spesifikasi laptop tersebut harus tinggi terutama dari segi komponen prosesor, memori serta ataupun VGA yang terdapat didalamnya. Namun jika digunakan untuk keperluan browsing atau membuka aplikasi-aplikasi sederhana, maka tentulah laptop standar yang berkisar sekitar 3,5 - 4 juta rupiah saja sudah bisa dikatakan cukup baik dan maksimal untuk mengakomodir kebutuhan Anda.

4. Perhatikan detail desain dan kelengkapan fitur yang dimiliki.
Pilihlah desain yang paling Anda sukai dan paling menarik bagi Anda. Selain detail desainnya, hal berikutnya yang tak kalah penting adalah fitur-fitur yang terdapat didalam sebuah laptop. Fitur-fitur tersebut antara lain seperti Wifi, Bluetooth, Modem, Webcam, Portable Charger dan lain sebagainya. Semakin banyak fitur dan perangkat pendukung (peripheral) yang Anda temukan dalam sebuah laptop/notebook, maka tentu unit tersebut akan semakin baik.

5. Mencoba sebelum membeli.
Beberapa toko ataupun gerai penjual laptop biasanya memiliki barang contoh (display item) yang bisa Anda gunakan untuk mencoba ataupun menjajal kemampuan laptop yang hendak dijual. Cobalah dan rasakan terlebih dahulu, kemudian pikirkan kembali apakah laptop tersebut terasa cukup nyaman untuk Anda gunakan atau tidak. Jika Anda merasa kurang nyaman, maka Anda bisa mencari merk ataupun tipe lainnya yang paling cocok bagi Anda.

6. Harga jual kembali.
Meskipun tak banyak dari pengguna laptop yang berencana untuk menjual kembali laptop yang telah digunakan. Akan tetapi ada baiknya jika Anda juga memikirkan hal ini. Unit laptop dengan merk dan tipe yang populer tentu akan mudah untuk dilakukan servis atau perbaikan meski masa garansinya telah berakhir, hal tersebut karena faktor ketersediaan komponen (spare part) yang umumnya masih banyak terdapat dipasaran. Selain itu, merk yang sudah familiar dan dikenal juga tentu akan memiliki harga jual kembali yang bagus. 

Demikianlah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk memilih laptop yang baik, berkualitas dan tepat yang bisa diberikan oleh situs berita teknologi pada kali ini. Sebagai informasi tambahan, Anda juga bisa bisa membaca ulasan menarik seputar pembahasan laptop, ultrabook terbaik dan terbaru 2013 yang bisa menjadi salah satu referensi Anda dalam mencari sebuah laptop yang berkualitas.
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 ArticleCrown