PaperTab, tablet kertas digital pengganti kertas konvensional di masa depan

Seiring berjalannya waktu, peranan teknologi pun semakin canggih dari hari ke hari. Hal tersebut diperkuat dengan kehadiran sebuah perangkat baru bernama PaperTab, tablet kertas digital yang memungkinkan untuk mengganti peranan kertas konvensional di masa depan. Era paperless dimana kertas bukan lagi menjadi komoditi utama dalam melakukan berbagai transaksi serta keperluan administratif sepertinya bukan lagi menjadi impian dan akan segera terwujud dalam waktu dekat.

Adalah sebuah gadget digital bernama PaperTab atau Paper Tablet yang dipercaya akan segera menjadi salah satu kandidat pengganti kertas yang tak lama lagi diwujudkan. Hadir dalam perhelatan Consumer Electronic Show (CES) 2013 yang diadakan di Las Vegas, Amerika Serikat, PaperTab mulai diperkenalkan ke publik. Melalui review singkat yang dihadirkan oleh salah satu punggawa dari universitas Queen melalui sebuah situs blog berita teknologi, terlihat bagaimana PaperTab ini begitu interaktif dan multifungsional saat digunakan.

PaperTab yang merupakan hasil kerjasama Universitas Queen dengan Plastic Logic dan juga Intel ini memiliki bentuk serta ukuran 10.7 inchi yang serupa dengan kertas yang biasa digunakan pada umumnya, hanya saja penggunaannya tentu sangat berbeda. PaperTab yang di tenagai oleh prosesor Intel Core i5 ini memiliki tekstur seperti plastik yang cara pengoperasiannya begitu mudah. Cukup melengkungkan, menyentuhkan jari atau menggunakan pena khusus saat mengoperasikannya dan dokumen yang di inginkan bisa langsung ditampilkan. Sedangkan untuk transfer data bisa dilakukan dengan cara menyentuhkan bagian tepi PaperTab yang digunakan dengan PaperTab lainnya, dan dalam sekejap data yang diinginkan langsung berpindah tempat.

PaperTab, digital paperless gadget pengganti kertas - www.teknologiz.com
PaperTab
Selain untuk melakukan transfer data dengan cepat, PaperTab juga bisa melakukan fungsi tracking document dan live streaming secara online dari PaperTab satu ke data PaperTab lainnya dengan cara menyentuh icon dokumen yang ingin dimunculkan pada halaman gadget tersebut. Sedangkan untuk menghadirkan tampilan full screen atau tampilan yang lebih besar, yang diperlukan hanyalah 2 buah PaperTab yang disejajarkan secara berdampingan. Serta yang tak kalah hebatnya adalah fungsi cara berkirim pesan lewat email dengan fungsi gesture yang langsung otomatis terkirim saat bagian tepi PaperTab di tekuk.

Untuk pemakaian yang lebih kompleks seperti fungsi administratif sebagaimana mestinya memang diperlukan beberapa PaperTab untuk bisa menjalankannya sehingga penggunaannya memang masih belum maksimal dan terkesan praktis. Namun PaperTab ini akan terus dikembangkan hingga menghasilkan pencapaian yang lebih sempurna lagi dan juga optimal untuk bisa digunakan secara nyata. Roel Vertegaal selaku juru bicara dari Universitas Queen mengatakan bahwa kemungkinan PaperTab akan terus disempurnakan dalam kurun waktu 5 hingga 10 tahun kedepan agar produk ini bisa dinikmati dan diaplikasikan untuk berbagai macam pekerjaan yang sesungguhnya.

Berikut adalah video bagaimana cara PaperTab di operasikan:

Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 ArticleCrown