BlackBerry Q10 review harga dan spesifikasi

BlackBerry merupakan salah satu produsen ponsel dan smartphone asal Kanada yang produk-produknya cukup menjadi trendsetter di dunia ponsel tanah air. Terlebih lagi dengan fitur BBM atau BlackBerry Messenger yang disematkan disetiap ponsel yang dirilis di semua seri membuat ponsel pintar keluaran RIM ini memiliki dominasi yang cukup signifikan di pasar ponsel Indonesia, terutama di kalangan remaja dan para pebisnis.

Hadir guna memberi cita rasa yang berbeda bagi penggunanya, RIM pun kembali merilis BlackBerry Q10 review harga dan spesifikasi yang akan segera kita ulas secara lengkap di blog teknologi ini. BlackBerry Q10 memiliki ciri khas jika dibandingkan dengan ponsel-ponsel yang dirilis oleh RIM sebelumnya, seperti hadirnya layar sentuh dan tampilan layar yang sudah dibekali dengan Super AMOLED kapasitif 16 juta warna dengan tingkat resolusi 720x720 piksel dengan kombinasi layar berukuran 3.1 inchi. Tak seperti BlackBerry Z10 yang hadir dengan hanya menggunakan layar sentuh, BlackBerry Q10 menghadirkan dual fungsi input device yaitu keyboard QWERTY dan layar sentuh. Namun hal yang membedakan keyboard QWERTY yang diusung oleh ponsel tipe ini adalah pengguna tidak akan menemukan adanya trackpad ataupun trackball lagi seperti yang dihadirkan oleh seri-seri sebelumnya, dan satu-satunya sistem navigasi (control) menu pada ponsel ini hanya menggunakan layar sentuh sehingga mungkin memerlukan waktu bagi pengguna BlackBerry Q10 untuk melakukan penyesuaian.

Dari segi bentuk fisiknya, ponsel yang mengusung OS Blackberry 10 ini memang terasa masih memiliki kelekatan cita rasa yang sama dengan seri Bold, akan tetapi ciri yang membedakannya adalah BlackBerry tipe ini memiliki layar yang cenderung melebar kesamping. Berdasarkan hasil pengetesan yang dilakukan oleh blog tekno, ponsel dengan berat 139gram ini cukup terasa nyaman saat di genggam dan nyaman saat di operasikan karena selain layar sentuhnya cukup responsif, juga terdapat grip yang bertekstur agak kasar pada bagian belakang casing yang mencegah ponsel terlepas dari genggaman jari tangan.

Masuk kedalam dapur pacu BlackBerry Q10, Anda akan menemukan prosesor dengan tipe TI OMAP 4470 dual-core 1.5 GHz Cortex-A9 yang menjadi nyawa sekaligus menjadi pusat pemrosesan data. Prosesor ini terasa cukup cepat karena selain digunakan oleh BlackBerry Q10, prosesor ini juga banyak digunakan oleh smartphone-smartphone dengan sistem operasi Android. Disamping prosesor yang cukup kencang, terdapat memory 2GB RAM dan media penyimpanan data internal 16GB yang cukup lega. Jika memang dibutuhkan, pengguna juga bisa memasang kartu MicroSD eksternal yang bisa diekspansi hingga 32GB. BlackBerry Q10 memiliki 2 kamera, yaitu kamera primer 8 MP di bagian belakang dengan resolusi 3264 x 2448 piksel dan kamera sekunder 2 MP pada bagian depan yang memiliki resolusi 720 piksel. Kamera ini memiliki kualitas yang cukup baik untuk mengambil foto meskipun di tempat yang minim cahaya. Kemampuan yang bisa dihasilkan juga bisa dikatakan cukup setara dengan smartphone-smartphone Android yang memiliki spesifikasi kamera yang sama.

Konektifitas BlackBerry Q10 dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual band, Wi-Fi yang bisa difungsikan sebagai tethering hotspot. Fitur ini merupakan fitur standar yang biasanya memang terdapat pada ponsel-ponsel pintar lainnya, hanya saja BlackBerry Q10 telah menggunakan browser HTML5 yang lebih bertenaga dan cepat saat loading maupun melakukan akses ke internet. BlackBerry Q10 kini sudah bisa didapatkan di Indonesia dengan kisaran harga Rp.7 juta (baru) dan Rp 6 - 6.5 juta (bekas).

Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 ArticleCrown