Smartphone Teknologi - Pengaruh dan Dampaknya Dalam Bisnis Online

Sebagian besar manusia saat ini pasti sudah menggunakan Smartphone sebagai bagian penting dari kehidupannya dan hal ini akan lebih terasa lagi bagi para pekerja atau pebisnis yang sangat kental dengan aktifitas mobile. Kalau kita putar lagi kebelakang, sebenarnya Smartphone itu apa ya? Nah, untuk pengertian aslinya itu sendiri sebenarnya belum ada kesatuan suara diantara para pelaku industrinya. Tetapi pada dasarnya, “smartphone” ini dapat diibaratkan seperti komputer kecil yang bisa dibawa kemana-mana. Produk dengan label “smartphone” ini pertama kali diluncurkan oleh IBM pada tahun 1992 dan dikenal dengan Simon. Produk ini ternyata memiliki berbagai fitur baru sehingga label “smartphone” layak disematkan untuk pertama kalinya dalam kehidupan manusia. Lalu, apa sebenarnya Smartphone ini? Bagaimana perkembangannya? Dan apa saja pengaruh serta dampaknya bagi kehidupan, khususnya bagi perkembangan dunia bisnis? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, yuk kita simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Teknologi smartphone saat ini bagaikan ombak besar yang menerpa pantai hehe. Perkembangannya yang sangat cepat, sudah menjamur dimana-mana dan kemampuannya yang mumpuni membuat konsumen diberbagai negara kepincut untuk menggunakannya. Nah, tapi makna smartphone itu sendiri apa ya? Apa hanya karena memiliki fitur kalendar, buku telepon, jam, email, dan kemampuan berselancar diinternet sudah termasuk kedalam kategori smartphone? Menurut para pakar, smartphone adalah perangkat elektronik yang berfungsi tidak hanya untuk menelepon, tetapi juga mempunyai fungsi lain yang merupakan gabungan antara fungsi kerja asisten pribadi dan komputer. Dari sini, kita bisa menyimpulkan kalau, smartphone memang memiliki fungsi yang beragam dan tentunya dapat membantu aktifitas manusia dimanapun dan kapanpun.

Smartphone merupakan salah satu hasil inovasi manusia, buah karya dari rasa keingintahuan, rasa tidak puas dengan keadaan saat ini dan keinginan untuk terus mengembangkan dirinya dalam kehidupan. Hal ini dapat terwujud karena ada pondasi teknologi lainnya, seperti telepon, telepon genggam/handphone, dan internet. Coba bayangkan jika smartphone tidak ada fitur internetnya, tentu namanya akan berubah menjadi telepon genggam/handphone biasa. Apalagi kalau belum ada teknologi handphone, atau yang paling dasarnya teknologi untuk menelepon. Pastinya teknologi smartphone ini tidak akan menjadi nyata seperti sekarang. Ya, kalau kita lihat perkembangan teknologi ini memang sangat pesat, dan ini sekaligus tanda bahwa manusia telah berubah gaya hidupnya seiring dengan perkembangan jaman.

Perubahan ini tidak terkecuali mempengaruhi lingkup bisnis, khususnya untuk perkembangan teknologi smartphone. Di Indonesia perkembangan ini ternyata tidak luput dari mata konsumen, dimana penggunanya pada tahun 2013 sudah mencapai 41,3 juta orang (hasil studi Yahoo dan Mindshare), dan tentunya jumlah ini akan terus meningkat seiring dengan terus berkembangnya teknologi smartphone. Dari sini, para pelaku usaha tentu dapat melihat animo masyarakat yang begitu besar sebagai suatu lahan yang dapat dioptimalkan untuk perkembangan bisnisnya. Akhirnya mulailah bermunculan perusahaan-perusahaan berbasis online akibat adanya dorongan kuat dari teknologi internet dan ditambah lagi dengan kehadiran smartphone. Tidak mau ketinggalan, pelaku bisnis offline atau konvensional juga ikut melebarkan lini bisnisnya dengan merambah dunia online, sehingga saat ini persaingan bisnis tidak hanya terjadix` didunia nyata tetapi juga didunia maya.

Dan jika melihat grafik dibawah ini, maka kita akan tahu kenapa para pebinis ini berlomba-lomba untuk melebarkan ruang lingkup bisnisnya sampai ke smartphone.

Courtesy: Google trend

Dari gambar grafik Google Trends diatas, anda pasti sudah bisa mengambil kesimpulannya kan? Ya, karena minat akan teknologi smartphone ini terus meningkat pesat dalam kurun waktu dua tahun belakangan ini. Hal ini membuktikan bahwa konsumen cenderung aktif beraktifitas didunia maya setiap saat. Gambaran ini juga dapat lebih diperjelas lagi dengan melihat gambar perbandingan dibawah ini:


Ini merupakan hasil survey dari Experian kepada 13000 pengguna smartphone Android dan Iphone di USA. Kenapa Android dan Iphone? Jawabannya karena keduanya adalah yang terpopuler di dunia. Experian marketing Services ini ingin mengetahui dan membandingkan aktifitas pengguna kedua smartphone untuk pengembangan data lebih lanjut. 

Dari gambar diatas, kita dapat lihat bahwa keduanya sedikit didominasi untuk aktifitas telepon. Namun, jika kita fokuskan kepada penggunaan Visit websites dan Social networking, ternyata hasilnya akan menjadi yang paling besar dibandingkan dengan yang lainnya. Dengan total 32% untuk Android dan 28% untuk Iphone, maka bisa dipastikan bahwa ada celah untuk peluang bisnis didalam smartphone. 

Oleh karena itu, saat ini berkembanglah perusahaan-perusahaan baru yang bergerak didunia online, atau yang cenderung dikenal dengan perusahaan Startup. Mulai dari bisnis dengan konsep toko baju online, toko elektronik dan gadget, hingga meluas ke bisnis jasa, seperti jasa portal iklan, pemesanan tiket pesawat, hotel, kereta api dan tour secara online, hingga ke layanan yang berbasis untuk kebutuhan dunia maya saja, contohnya hosting, domain, konsultan website, dll. 

Lalu apa dampaknya bagi bisnis online ini? Secara garis besar mereka jadi lebih mudah untuk menyampaikan pesan dan konsep layanannya secara jelas kepada konsumen. Para pebisnis dapat melakukan aktifitas pemasaran, mulai dari segmentasi, mentarget, hingga menempatkan posisinya dipasar. Contohnya pada layanan jasa pemesanan hotel di Indonesia, mereka sekarang dapat dengan mudah mentarget konsumen dengan adanya teknologi Search Engine dan Social Media. Begitu juga dengan layanan jasa pencarian dan booking tiket pesawat online yang dipelopori oleh Traveloka.com, Utiket, Tiket, dan Tiket2 yang mengelompokkan konsumen di Indonesia yang heterogen melalui search engine, aktifitas Social Media, public relation, partnership dll. Mereka juga dapat terus belajar mengenai kebiasaan konsumen, dan mengetahui feedback dari konsumen dengan lebih baik guna meningkatkan kualitas produk atau layanannya.

Jadi dengan adanya teknologi internet, smartphone, dan pokoknya yang berhubungan dengan teknologi informasi ini akan memberikan berbagai kemudahan bagi pebisnis, baik offline maupun online untuk mengeksplorasi lagi strategi bisnis dan jangkauan pasarnya. Dari sisi lain, konsumen juga sangat dimudahkan aktifitasnya, karena pada dasarnya kehadiran teknologi apapun termasuk teknologi smartphone adalah untuk memudahkan kebutuhan hidup manusia. Terlepas dari manfaat ataupun gaya hidup, teknologi smartphone ini diproyeksikan akan mengurangi penggunaan teknologi-teknologi sebelumnya, seperti desktop PC, dan telepon rumah. Dan ini merupakan celah bagi para pebisnis online, karena dapat dipastikan perkembangan dunia online akan semakin menggeliat kedepannya. Nah, apakah anda sependapat atau tidak dengan pernyataan ini? Yuk, kita diskusikan bersama. Terima kasih.
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 ArticleCrown