Tongsis, alat untuk berfoto narsis dan membuat foto selfie

Gemar membuat foto selfie?. Untuk membuat penampilan dan gaya foto terbaik, tongsis, alat untuk berfoto narsis dan membuat foto selfie ini adalah perangkat yang wajib untuk dimiliki. Selfie merupakan sebuah kata yang kini telah menjadi trend dan begitu populer hampir disemua kalangan tanpa memandang status, mulai dari orang biasa, artis hingga kalangan pejabat pun tak dapat luput dari hobi berfoto selfie.

Menurut wikipedia, selfie memiliki arti berekspresi dengan berfoto sendiri menggunakan perangkat digital kamera atau ponsel. Berkat ketenaran selfie, akhirnya foto selfie ini pun dikait-kaitkan dengan jaringan sosial atau social networking.

Bagi Anda yang gemar berfoto selfie, tongsis, alat untuk berfoto narsis dan membuat foto selfie bisa menjadi salah satu alat yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan hasil jepretan foto yang maksimal. Saat ini tongsis atau "tongkat narsis" pun telah banyak dijual dengan berbagai merk dan jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera.
Tongsis merupakan alat untuk mengambil foto sendiri (self portrait monopod). Tongsis sendiri hampir mirip dengan tripod yang biasa digunakan pada kamera digital. Akan tetapi tongsis memiliki kelebihan karena bisa mengambil gambar dengan berbagai variasi dari berbagai macam sudut (top angle, low angle, frontal dan sebagainya). Untuk mengambil foto bergerak, tongsis juga cukup user friendly, karena bisa digunakan untuk mengambil video atau foto saat sambil berjalan.

Tongsis memang tak melulu diasosiasikan hanya sebatas kalangan remaja, artis atau pejabat saja karena pada dasarnya tongsis memiliki fungsi penting bagi blogger atau traveler yang kerap melakukan perjalanan seorang diri sehingga sulit untuk mengambil foto dengan sudut yang bagus tanpa bantuan orang lain atau bantuan alat.
Tongsis terbagi menjadi dua bagian, yaitu tongkat dan tempat untuk meletakan kamera (device holder). Sebelum menggunakan tongsis ini, pertama-tama adalah menyambungkan keduanya terlebih dahulu dengan cara mengencangkan sekrup. Device holder ini memiliki ukuran yang bervariasi dari seukuran iPhone yakni 5-7 cm dan ukuran yang lebih besar seukuran Samsung Galaxy Note 7-9cm (mungkin tersedia juga untuk tablet diatas 8 inchi).

Setelah device holder terpasang dengan baik, langkah selanjutnya adalah menyematkan smartphone kedalam device holder tersebut kemudian putar sekrup untuk untuk mengunci leher tongkat. Saat smartphone telah terpasang dengan kuat, kemudian mulai lakukan penyetelan kamera (setting kamera depan/belakang yang hendak digunakan). Setel panjang pendek ukuran tongkat yang mirip antena ini untuk mendapatkan kondisi sudut dan pengambilan gambar yang diinginkan. Setelah mendapatkan sudut yang paling pas dan sesuai, setting pengaturan waktu kamera dan ambil foto dengan gaya yang paling maksimal menurut Anda.

Menggunakan tongsis memang agak cukup rumit terutama bagi yang masih amatir atau belum terlalu familiar dengan alat ini. Nah, untuk mempermudahnya, kini tongsis juga telah dilengkapi dengan pensis atau pencetan narsis yang terintegrasi dengan tongsis. Dengan pensis, maka Anda tak perlu lagi melakukan penyetelan timer pada kamera karena pengambilan foto bisa dilakukan secara instan dengan cara menekan tombol jepretan yang terdapat pada pensis. Pensis terbagi menjadi dua jenis yaitu yang menggunakan kabel dan versi wireless dengan sistem bluetooth. Cara untuk pengaturan pensis wireless cukup mudah, hanya perlu sekali pairing saja. Saat pensis telah terkoneksi dengan smartphone, maka pensis pun bisa langsung digunakan. Sedangkan untuk yang menggunakan kabel, bisa dikoneksikan dengan bantuan jack 3.5mm yang biasa digunakan untuk mencolokkan handsfree. Meskipun demikian, tak semua perangkat telah mendukung penggunaan tongsis ini. Jadi pastikan jika pensis yang Anda beli kompatibel dengan perangkat smartphone Anda.

Tongsis, alat untuk berfoto narsis dan membuat foto selfie
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 ArticleCrown