7 tips penting cara belanja dan transaksi online yang aman

7 tips penting cara belanja dan transaksi online yang aman. Berbelanja secara online saat ini memang kerap menjadi sebuah pilihan. Kesibukan serta tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan belanja secara langsung merupakan salah satu alasan yang paling sering diutarakan oleh mereka yang memilih untuk berbelanja secara online dengan menggunakan sistem pembayaran online transfer lewat bank ataupun kartu kredit.

Berdasarkan sebuah survey statistik yang pernah dilakukan oleh Forrester menyebutkan jika pembelian secara online kerap meningkat disaat hari-hari tertentu seperti menjelang hari besar (hari raya) maupun disaat menjelang liburan panjang. Hal ini juga yang kemudian menjadi semacam pemicu tindak kriminal di dunia maya dari orang-orang yang berniat mencari keuntungan.

Untuk mengantisipasi hal ini, tentu Anda sebagai calon konsumen wajib untuk berhati-hati dan waspada saat berbelanja via internet terlebih lagi saat melakukan transaksi. Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan?. Berikut adalah ringkasan tips berbelanja dan bertransaksi online yang aman bagi Anda.

1. Lakukan riset terlebih dahulu
Jika berbelanja melalui toko online adalah hal yang benar-benar baru bagi Anda, maka disarankan Anda untuk melakukan riset terlebih dahulu mengenai toko yang dituju. Periksalah kelengkapan kontak dan alamat yang bisa dihubungi. Selain itu Anda juga bisa mencari nama toko online yang bersangkutan melalui mesin pencari dan lihat hasil pencarian ataupun ulasan mengenai toko ini. 

2. Periksalah aturan serta kebijakan bertransaksi yang ada di dalam situs web tersebut
Sebelum memutuskan untuk membeli barang yang diinginkan, ada baiknya jika Anda mengecek terlebih dahulu aturan bertransaksi yang diberlakukan oleh website tersebut, bagaimana sistem pembayarannya, cara pengembalian barang atau retur apabila ternyata barang yang dipesan rusak atau tidak sesuai dengan foto dan detail produk yang diinginkan dan lain sebagainya.

3. Kesesuaian harga barang
Jangan buru-buru tergoda dengan harga murah yang ditawarkan. Jika Anda belum tahu harga suatu barang tertentu, Anda bisa membandingkannya dengan situs-situs lain yang menjual barang sejenis. Bandingkan harganya, baru ambil keputusan. Untuk mempermudah Anda dalam membandingkan harga antar produk yang sama pada saat ini telah tersedia situs yang berperan sebagai pembanding harga, salah satunya adalah toko online yang beralamat di http://www.telunjuk.com/.

4. Amati permalink atau url pada browser
Toko online yang terkemuka umumnya akan menggunakan permalink dengan awalan "https:" yang berarti Hypertext Transfer Protocol Secure, bukan "http" pada saat Anda mendaftar atau melakukan login. Tanda jika website tersitu biasanya berupa icon gembok di sebelah kanan browser sebelum url. 

5. Pastikan notebook atau PC Anda memiliki antivirus
Antivirus tidah hanya berguna pada saat Anda mengunjungi sebuah toko online saja akan tetapi juga mengamankan komputer Anda dari spyware dan virus yang dapat berbahaya bagi komputer.

6. Cara pembayaran
Cara pembayaran untuk pembelian secara online biasanya dilakukan dengan 2 metode, transfer via bank, paypal ataupun dengan sistem cash on delivery atau yang biasa disebut COD. Umumnya toko online terkemuka yang besar dan terpercaya hanya menggunakan cara pertama, akan tetapi bagi penjual-penjual kecil ataupun bersifat individual yang biasanya berdagang melalui forum lebih memilih untuk melakukan pembayaran dengan cara yang kedua.

7. Simpanlah bukti transaksi
Bukti transaksi seperti nota, bukti transfer ataupun kwitansi merupakan hal yang penting pada saat bertransaksi. Simpanlah bukti ini untuk sebagai pegangan Anda untuk melakukan klaim, retur dan lain sebagainya jika barang tersebut rusak maupun tidak sesuai dengan pesanan yang dikirim oleh penjual online.

Demikianlah 7 tips cara berbelanja online yang aman yang bisa menjadi referensi bagi Anda saat hendak membeli barang secara online. Ikuti tips ini dan Anda pun akan aman dari berbagai macam hal yang tidak Anda inginkan.

7 tips penting cara belanja dan transaksi online yang aman
Tips belanja online
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 ArticleCrown