Tips cara bertransaksi aman menggunakan kartu kredit

Pada saat ini, kartu kredit adalah alat pembayaran yang telah lazim digunakan. Dengan segala kenyaman yang diberikan oleh kartu kredit bagi penggunanya, maka pemilik kartu transaksi ini dapat melakukan berbagai macam transaksi baik untuk berbelanja maupun membayar segala macam jenis tagihan.

Dengan memiliki kartu kredit, tentu akan sangat menyenangkan bagi penggunanya. Hal tersebut karena pemilik kartu kredit dapat membeli bermacam-macam barang hanya dengan menggunakan satu kartu saja. Konsep praktis untuk pembayaran yang dikenalkan credit card kepada masyarakat dapat tercipta karena permintaan akan pembayaran elektronik saat ini kian meningkat.

Dengan sistem pembayaran elektronik alias pembayaran tanpa uang tunai pun saat ini dirasakan cukup aman bagi masyarakat. Contoh sederhana sekali misalnya saat seseorang mesti membayar tagihan atau membayar belanja dalam jumlah besar, maka orang tersebut tidak perlu cemas meskipun tidak perlu membawa uang tunai karena yang harus dilakukan hanya semudah menggesek kartu tersebut.

Meskipun aman dari segi penggunaannya, akan tetapi bagaimanapun Anda harus tetap berhati-hati saat menggunakannya agar bertransaksi akan jauh lebih aman dan nyaman. Oleh karenanya ada beberapa tips cara bertransaksi aman menggunakan kartu kredit diantaranya sebagai berikut:

1. Dalam penerbitan kartu kredit sebaiknya menggunakan identitas yang valid. Misalnya nama lengkap bukan nama samaran, nama sahabat, ataupun teman Anda. Selain untuk keamanan Anda, identitas yang valid juga diperlukan bank saat hendak melakukan konfirmasi dan proses validasi.

2. Jangan berikan kartu kredit yang Anda miliki untuk digunakan bertransaksi oleh orang lain. Kartu kredit adalah hal yang kerahasiaannya mesti dijaga agar tidak disalahgunakan oleh orang lain. Pastikan PIN kartu kredit tetap rahasia dan jangan pernah beritahukan PIN kepada orang lain karena PIN merupakan kode untuk pengambilan uang Anda.

4. Jangan sekali-kali memberikan informasi terkait dengan data informasi kartu kredit Anda maupun saat pengajuan kartu kredit Anda seperti nomer PIN kepada siapa pun, bahkan kepada pihak Bank sekalipun.

Adapun hal lain yang harus Anda perhatikan saat menggunakan kartu kredit saat bertransaksi diantaranya yaitu:
  • Pastikan kartu kredit tersimpan dengan baik di tempat yang aman untuk menghindari kehilangan maupun kerusakan.
  • Saat melakukan transaksi saat berbelanja, sebaiknya Anda memastikan jika staf merchant benar-benar membawa kartu kredit Anda langsung ke tempat kasir, tidak ke tempat yang lain.
  • Saat melakukan pembayaran, sebaiknya Anda memeriksa terlebih dahulu apakah jumlah transaksi sudah sesuai dengan transaksi yang dilakukan sebelum Anda membubuhkan tanda tangan.
  • Cermati penggunaan kartu kredit pada saat Anda berada di kasir. Pastikan penggesekan yang dilakukan petugas hanya sekali tidak berulang kali bahkan berkali-kali. Penggesekan lebih dari sekali akan mencatat transaksi lebih banyak sesuai penggesekan dalam waktu yang bersamaan.
  • Ketika melakukan pembayaran dalam belanja dengan kartu kredit, Anda harus benar-benar konsentrasi sehingga Anda tidak lupa untuk meminta kembali kartu kredit tersebut setelah transaksi dilakukan. 
  • Simpanlah kembali kartu kredit Anda beserta dengan cetakan kwitansi untuk kemudian dapat dicocokkan dengan tagihan. Jika melakukan transaksi via online pastikan Anda bertransaksi dengan pihak yang terpercaya.
Apply kartu kredit online
Apply kartu kredit online
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 ArticleCrown