Cara Ampuh Hilangkan Karat Membandel Pada Knalpot Motor

Teknosentris.Com - Jika Anda adalah seorang pemilik motor tentu saja tidak menginginkan jika knalpot yang ada pada motor anda berkarat. Hal ini tentu saja sangat mengganggu terutama bagi yang sangat peduli pada motor kesayangan Anda. Banyak hal yang dapat menyebabkan timbulnya karat pada motor salah satu penyebab utamanya ialah air hujan.

Untuk menghindari terjadinya hal tersebut tentu saja Anda harus rajin membersihkan motor Anda. Adanya karat pada knalpot motor jika di biarkan terus menerus, lama kelamaan dapat menyebabkan kerusakan pada knalpot seperti mudah keropos dan banyak lagi kerugian yang Anda dapat apabila tidak memperhatikan hal tersebut.

Munculnya karat pada knalpot tentu saja bisa dialami oleh siapa saja. Munculnya karat pada knalpot biasanya paling sering terlihat pada daerah leher knalpot karena pada bagian ini sangat panas sehingga kotoran atau air yang menempel dapat langsung meleleh pada daerah tersebut dan akhirnya jika di biarkan terus menerus akan memicu timbulnya karat. Dalam hal perawatan knalpot tentu saja perlu kedisiplinan dan kesabaran tinggi karena hal ini di lakukan selama kita memiliki kendaraan tersebut dan dalam jangka panjang harus tetap di lakukan seperti halnya merawat tanaman dari hama yang mengganggu.

Jika knalpot Anda sudah terkena karat dan Anda ingin menghilangkannya, berikut ini ada beberapa cara yang dapat di lakukan untuk menghilangkan karat pada knalpot motor tersebut sebagaimana dilansir oleh situs website berita online Netizenpos.Com, di antaranya sebagai berikut:

Cara Ampuh Hilangkan Karat Membandel Pada Knalpot Motor
Tips Merawat Knalpot Motor

1. Menggunakan Grease Atau Stempet/Gemuk
Cara yang pertama adalah dengan menyediakan stempet setelah itu panaskan motor selama kurang lebih 5 menit agar knalpot menjadi panas, dalam kondisi masih panas oleskan stempet pada bagian yang berkarat pada knalpot. Stempet yang meleleh akan langsung membuat karat menjadi sulit untuk melekat. Akibatnya karat yang terdapat pada leher knalpot dapat hilang dengan sendirinya.

2. Menggunakan Pertamax Plus
Cara yang kedua adalah dengan menggunakan pertamax plus. Cara menggunakannya ialah dengan mencampurkan minyak tanah dan pertamax dengan perbandingan 2:1 sesuai dengan jumlah yang diperlukan. Selanjutnya oleskan campuran tersebut ke daerah yang berkarat kemudian bersihkan dengan sikat gigi. Gosok sekitar 10 hingga 15 menit dan lihat hasilnya.

3. Memakai Oli Bekas
Cara yang ketiga adalah dengan menggunakan oli bekas. Cara penggunaannya hampir sama dengan menggunakan stempet yaitu dengan memanaskan knalpot kemudian mengoleskan oli bekas pada daerah yang berkarat.

4. Menggunakan Porstex
Anda punya porstex yang biasa digunakan untuk membersihkan keramik kamar mandi?. Nah, ternyata selain bagus untuk membersihkan toilet, cairan ini juga ampuh sebagai penghilang karat. Caranya adalah dengan menyiapkan air, prostex, kuas dan kain lap kering. Pertama-tama oleskan prostex pada bagian yang berkarat dengan menggunakan kuas, setelah itu siram dengan air bersih, lalu lap hingga kering. Porstex merupakan cairan yang cukup keras unsur kimianya, oleh sebab itu hindari cairan prostex terkena blok mesin karena dapat menyebabkan cat menjadi luntur.

Knlapot, baik knalpot standar maupun knalpot racing untuk motor merupakan salah satu komponen terpenting yang ada pada kendaraan roda dua. Untuk itu perawatan komponen ini juga tidak dapat di pandang sebelah mata. Semoga beberapa tips di atas dapat membantu anda untuk menghilangkan karat pada knalpot motor yang Anda miliki.
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 ArticleCrown