Beberapa Hal Penting Dalam Memilih Ban Mobil

Beberapa Hal Penting Dalam Memilih Ban Mobil. Bagian terpenting sebuah kendaraan adalah ban. Tidak berbeda pada sebuah mobil dimana peran roda atau ban sangatlah vital. Kualitas ban dan velg mobil harus berkualitas agar tidak menimbulkan masalah. Permasalahan yang sering muncul dalam pemilihan ban masih saja membayangi para pemiliki kendaraan roda empat ini.

Perlu Anda ketahui, ban merupakan satu komponen yang langsung bersentuhan dengan aspal jalan, maka dari itu memilih ban yang tepat sangat menentukan kenyamanan ketika berkendara. Selain kenyamanan, faktor keamanan juga harus diperhitungkan karena menyangkut keselamatan pengemudi. Lalu apa saja hal penting dalam memilih ban mobil?. Berikut petikkannya yang disarikan dari www.mobil123.com.

Beberapa Hal Penting Dalam Memilih Ban Mobil
Beberapa Hal Penting Dalam Memilih Ban Mobil
Perhatikan Tujuan Penggunaan Ban

Mobil yang sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari memubutuhkan jenis ban yang berbeda dari mobil lain yang digunakan untuk medan terjal atau lainnya. Dalam penggunaan mobil sehari-hari jenis ban harus memiliki tingkat kenyamanan dan keamanan tinggi. tidak hanya itu saja, daya tahan ban juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan pengendara.

Perhatikan Tipe dan Ukuran Ban

Setiap merek dan jenis ban memiliki tipe serta ukuran yang berbeda. Jangan memperhatikan harga dan merek, tetapi yang terpenting adalah ukuran serta kualitas ban. Untuk ukuran ban yang bisa digunakan bisa dilihat di belakang tutup tangki bensin. Dari segi ukuran harus diperhatikan dengan teliti karena jika memilih ban dengan ukuran lebih kecil atau terlalu besar maka tidak akan terpasang sempurna.

Perhatikan Ukuran Velg

Ban harus sesuai dengan ukuran velg biasanya ukuran dilambangkan dalam angka dibelakang huruf R. jenis velg dan ban harus sesuai agar nantinya bisa memberikan keamanan dan kenyamanan maksimal.

Perhatikan Lebar Ban

Sangat penting untuk memperhatikan lebar ban dengan teliti. Semakin lebar maka daya cengkran semakin baik dan semakin sempit maka daya cengkram semakin buruj. Tetapi Anda harus memperhatikan ukuran dari lebar ban karena berpengaruh terhadap akselerasi.

Perhatikan Pola Tapak Ban

Tidak hanya memperhatikan lebar ban, sebagai pengendara mobil harus memperhatikan pola tapak ban yang berpengaruh terhadap daya cengkram ban di medan dan berpengaruh juga terhadap akselerasi. Pada umumnya alur pola ban berbentuk V yang membuktikan lebih baik dalam mencengkram tanah.
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 ArticleCrown