Koleksi Mobilan Hot Wheels? Inilah Daftar Istilah Yang Harus Kamu Tau!

Koleksi Mobilan Hot Wheels? Inilah Daftar Istilah Yang Harus Kamu Tau!. Mobil-mobilan identik dengan laki-laki namun tidak semua penyuka mobil, baik mobil dalam bentuk yang asli ataupun mobil dalam bentuk mainan seperti mobilan Hot Wheels. Hot Wheels yang diproduksi oleh Mattel ini pertama kali diproduksi dan diperkenalkan pada tahun 1968. Saat ini, mobil-mobilan tersebut menjadi salah satu mobil die-cast yang paling banyak disukai dan dikoleksi. Hal tersebut dikarenakan tidak hanya bentuknya yang unik, kelangkaan namun juga dapat menjadi suatu investasi.

Jika Anda menyukai Hot Wheels, terdapat berbagai macam istilah yang harus Anda mengerti sehingga, ketika Anda mencari atau berkumpul dengan pada penyuka mobil ini, Anda dapat memahami dan berbincang dengan santai. Untuk menyebut suatu kemasan penjualan diecast, mulai dari kertas karton yang disegel hingga pada plastik bening, disebut dengan nama blister. Untuk diecast istimewa seperti baru tanpa kemasan yang bukan bekas mainan, disebut dengan mint. Sedangkan untuk diecast istimewa dalam kemasan disebut dengan super mint.

Jika super mint tersebut susah untuk didapatkan, maka mobilan Hot Wheels tersebut disebut dengan rare. Rare pada Hot Wheels diberikan untuk menyebutkan produk Hot Wheels yang diproduksi dalam jumlah yang terbatas. Jika terdapat suatu noda atau goresan yang berbentuk titik, akan disebut dengan Chip sedangkan untuk goresan yang berupa garis disebut dengan Scratch.

Koleksi Mobilan Hot Wheels? Inilah Daftar Istilah Yang Harus Kamu Tau!
Koleksi Mobilan Hot Wheels

Istilah yang berhubungan dengan kemasan dari Hot Wheels selain blister yaitu:
  1. AKTA yang menentukan asli palsunya Hot Wheels. Namun, keterangan yang ada pada kemasan ini hanya dikeluarkan di pasar Amerika. Sehingga jika mendapatkan Hot Wheels dengan kemasan ber-AKTA, berarti mobil tersebut diimpor langsung dari Amerika. Jika kemasan tetap disimpan dan tidak dibuka, akan memberikan nilai plus tersendiri dan dapat meningkatkan nilai jual ketika Anda menjualnya. 
  2. Loose merupakan istilah untuk blister yang sudah dibuka, baik yang sudah disimpan ataupun dibuang.
  3. Display case merupakan kotak atau box yang digunakan untuk menyimpan, biasanya terbuat dari plastik atau akrilik.
Istilah lainnya dari mobilan Hot Wheels yaitu:
  • First shoot adalah kondisi mobil baru dicetak tanpa diberi warna terlebih dahulu sehingga dasar dari mobil tersebut, mulai dari interior hingga eksterior, akan terlihat.
  • Factory sealed, istilah yang terdiri dari 1 paket lengkap untuk edisi tertentu yang digabungkan dalam 1 kemasan besar yang disegel dan produksi yang terbatas.
  • Error adalah produk cacat karena kesalahan dari pabriknya.
  • Chase car untuk istilah mobil Hot Wheels yang diproduksi dan memiliki tanda tangan tersendiri. Biasanya mobil ini diproduksi dalam jumlah yang sedikit.
  • ZAMAC adalah istilah untuk gabungan bahan dasar die cast yaitu terdiri dari Zinc, Alumunium, Magnesium, Copper Alloy.
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 ArticleCrown