Foxconn Rugi Besar Akibat Kurangnya Pasokan Komponen Iphone X

Foxconn merupakan satu-satunya manufaktur yang dipercaya oleh Apple untuk merakit iPhone. Sayangnya, perusahaan yang berbasis di Tiongkok tersebut justru merugi akibat iPhone X. Proses manufaktur iPhone X yang cukup sulit dan ketersediaan komponen yang agak terlambat membuat keuntungan Foxconn berkurang dari kuartal sebelumnya. Bahkan data Bloomberg menyebutkan kerugian kali ini adalah yang terparah sejak 2008.


Melansir The Verge serta 9to5Mac, keuntungan Foxconn turun secara masif yakni 39 persen di kuartal terakhir 2017 ini. Keuntungan Foxconn disebut hanya 700 juta dollar, turun dari 1,09 milyar di periode yang sama tahun lalu. Ini adalah penurunan terbesar perusahaan asal Taiwan tersebut sepanjang mereka berdiri.

Hal ini dengan mudah bisa dikambinghitamkan ke Apple yang memiliki masalah produksi iPhone. Foxconn mengandalkan Apple untuk separuh bisnis mereka. Menurut laporan Bloomberg, Foxconn merupakan satu-satunya yang memproduksi iPhone , tak mampu memproduksi iPhone X dengan maksimal karena kekurangan komponen. Karena jika bisa memproduksi sebanyak mungkin, Foxconn maupun Apple akan makin untung besar.

Pihak Foxconn mengeluh kurangnya pasokan komponen layar OLED yang tersedia. Hal ini disebabkan oleh implementasi teknologi Face ID pada komponen tersebut yang masih membutuhkan waktu dalam pengerjaannya. Alhasil, terdengar kabar rencana Apple untuk hanya mengirimkan separuh dari target rencana pengriman unit iPhone X. Jadi hanya ada sekitar 20 juta unit iPhone X yang akan dikirim, dan ini akan membuat iPhone X seperti dijual secara terbatas.

Selain itu, biaya operasional juga naik 16 persen karena pembuatan iPhone X jauh lebih rumit dari iPhone sebelumnya. Belum lagi iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang lebih murah secara biaya operasional dan lebih mudah secara pengerjaan, ternyata tak seberapa laku.

Namun harapan masih besar untuk Foxconn, pasalnya penjualan iPhone X masih akan berjalan terus. Ketika pre-order secara sepenuhnya sudah datang ke tangan konsumen, Foxconn bisa pulih dari keuntungan yang rendah. Terlebih lagi penjualan iPhone X masih akan berjalan di tahun depan.

(Artikel asli : https://www.merdeka.com/teknologi/foxconn-rugi-besar-karena-iphone-x-dan-iphone-8.html)
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 ArticleCrown