4 Cara Mudah Menghindarkan Kendaraan dari Pengaruh Buruk Sinar Matahari

Indonesia merupakan negara yang berada pada daerah beriklim tropis yang membuat setiap harinya masyarakat pasti akan terkena sinar matahari. Di satu sisi sinar matahari ini memang memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan manusia dan juga membantu berbagai macam kegiatan rumah tangga, namun di sisi yang lainnya juga memiliki dampak berbahaya, apalagi dengan kandungan sinar ultraviolet yang tinggi, bisa menyebabkan masalah pada kulit, tak hanya itu bahkan juga ada dampak kurang baik pada kendaraan Anda. 


Terlalu lama berkendara di tengah jalanan yang panas tentunya akan membuat kondisi mesin jadi mudah panas juga, bahkan rentan mengalami overheat. Begitu juga dengan bagian bodynya, kondisi cuaca yang sangat panas dapat mempengaruhi cat kendaraan tersebut yang akan menjadi mudah kusam, bahkan juga bagian karet luar yang akan mengeras, tidak lagi elastis seperti awalnya. Untuk itu wajib tau bagaimana cara untuk melindungi mobil Anda jadi kondisi panas akibat cuaca atau sinar matahari tersebut, diantaranya adalah: 
  1. Ketika Anda parkir di bawah sinar matahari, sebelum meninggalkan kendaraan tersebut upayakan untuk menegakkan bagian wiper tersebut, jangan sampai bagian karetnya bersentuhan dengan kaca mobil secara langsung, dengan tujuan adalah untuk mencegahnya agar tidak mengeras karena kondisi panas tersebut. 
  2. Lapisi kaca kendaraan dengan memasang kaca film, jenis kaca biasa tidak mampu untuk mencegah masuknya sinar matahari, ketika sedang digunakan berkendara di siang yang panas, tentunya membuat pengemudi menjadi silau dalam memakainya bukan. Begitu juga penumpang yang jadi kepanasan di dalam, itulah mengapa lebih aman menambah dengan lapisan kaca film. 
  3. Lakukan pemolesan pada bagian body mobil, umumnya jika Anda datang ke bengkel poles khusus nantinya akan ada bentuk perlindungan tambahan pada mobil yang akan mereka poles di bagian body tersebut, dengan fungsi adalah untuk mencegah pengaruh buruk dari sinar matahari, sehingga membuat kondisi bodynya tetap dalam kondisi yang optimal, tidak mudah kusam karena sinar UV. 
  4. Utamakan untuk parkir di tempat yang teduh, bagaimanapun lebih dianjurkan bagi pengemudi untuk parkir di tempat yang beratap atau teduh dibandingkan dengan parkir sembarangan di bawah sinar matahari, apalagi untuk Anda yang sering memakai kendaraan untuk menemani bekerja, waktu yang dibutuhkan untuk parkir ini tak bisa dikatakan sebentar. Sangat lama sampai dengan 12 jam. Jadi pastikan tempatnya teduh dari sinar matahari. 
4 cara tersebut wajib dilakukan untuk membuat kendaraan Anda selalu dalam kondisi yang optimal karena bagaimanapun sinar matahari atau cuaca yang panas ini bukanlah hal yang mudah dihindari untuk daerah di Indonesia. Selain kurang baik bagi tubuh manusia, juga kurang bagus untuk kendaraan Anda.
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 ArticleCrown