Pilih Konsultan Pajak atau Aplikasi Perhitungan Pph Online?

Teknologi yang kian berkembang saat ini sudah memberikan banyak sekali pengaruh di kehidupan. Pengaruh yang bagus adalah dengan segala hal yang serba mudah dilakukan saat ini. Dengan semua hal berbau teknologi, maka kepraktisan pun bisa didapatkan. Salah satu hal yang bisa dipermudah saat ini adalah dengan adanya aplikasi pajak. Sebelumnya Dirjen Pajak sudah memberikan fasilitas berupa penggunaan pembayaran pajak dengan online yang sudah cukup familiar.

Perhitungan PPh pasal 21 berdasarkan PTKP 2016 adalah pajak yang paling sering dibayarkan oleh masyarakat. Penghitungan pajak sendiri sudah memiliki aturannya sendiri dimana sudah ditentukan dari pemerintah. Selain itu pemerintah juga memberikan ketentuan bahwa semua wajib pajak berwenang untuk melakukan pengurusan sendiri akan semua hal yang berkaitan dengan pajaknya. Dengan adanya ketentuan ini, maka para Wajib Pajak juga harus tahu informasi sejelas-jelasnya tentang pajak beserta dengan cara penghitungan yang berlaku.

Melihat kerumitan yang ada di masyarakat akan kewenangan pajak ini, maka banyak sekali Wajib Pajak yang seringkali merasakan kebingungan untuk menghitung pajaknya sendiri. Adanya kerumitan ini kemudian menjadikan banyak yang lebih memilih menggunakan layanan dari para konsultan pajak. Dengan menggunakan jasa dari para konsultan pajak itu, maka segala kemungkinan kekeliruan akan bisa dihindari. Terutama terkait ketentuan, perhitungan hingga pelaporan dari pajak itu sendiri. Wajib Pajak pun akan merasa tenang ketika sudah menyerahkan urusan pada konsultan pajak mengingat sudah profesional di bidangnya. 


Konsultan pajak tak hanya menangani masalah terkait pajak saja melainkan juga banyak sekali jasa lain yang disediakannya. Berikut ini beberapa jenis layanan yang bisa diberikan oleh para konsultan pajak, diantaranya:

Jasa perencanaan pajak

Untuk layanan ini umumnya konsultan memberikan bantuan dalam konsultasi ke klien dan juga mengupayakan sehingga klien bisa mendapat keuntungan pantas dari kegiatan usahanya. Bagi Anda yang punya suatu usaha dan tak mau ribet akan masalah pajak, maka bisa juga dengan menggunakan jasa dari para konsultan pajak ini.


Jasa kepatuhan pajak

Untuk jenis layanan lainnya yakni tentang jasa kepatuhan pajak. Untuk jasa yang satu ini dimana konsultannya diwajibkan dalam mematuhi segala jenis aturan yang berkaitan dengan pajak. Hal ini pun bisa berlaku pada semua tugas yang dapat diberikan pada konsultan serta klien itu. Beberapa tugasnya yakni perhitungan pajak, proses pembayaran sampai pelaporan pajak itu.


Jasa pendampingan pemeriksaan

Di dalam menjalankan tugasnya, konsultan pajak pun bertanggung jawab sehingga bisa mewakili dan juga mendampingi klien sehingga jika sewaktu-waktu klien diperiksa pajaknya. Tentunya hal ini jadi amat penting apalagi ketika klien tak ada pemahaman terkait urusan pajak yang dilakukannya.


Jasa periksa laporan pajak

Untuk jasa yang satu ini, para konsultan akan bisa berikan layanan bantuan untuk klien yang merugi akibat dari beban pajak besar yang tak sesuai pada laporan pajak perusahaan yang dijalankannya. Dengan demikian tugas dari konsultan pajak adalah untuk bisa mengevaluasi data sehingga bisa mendapatkan keringanan akan beban pajak.

Itulah beberapa tugas dari konsultan pajak yang bisa Anda manfaatkan jasanya untuk penghitungan PPh 21 yang Anda miliki. Namun jika ingin lebih simpel dan gratis maka bisa juga lewat aplikasi. Namun tentunya tugas aplikasi pajak di sini masih belum bisa sesempurna dan sekomplit yang dilakukan oleh para konsultan pajak sehingga wajib juga dipertimbangkan.
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 ArticleCrown