Di luar negeri, menelpon sambil mengendarai mobil bisa kena tilang

Yang namanya angka kecelakaan lalulintas memang semakin meningkat saja dair waktu kewaktu. Ada banyak sekali berbagai macam faktor yang bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan lalulintas yang bisa merenggut nyawa banyak orang tersebut. Salah satunya adalah karena faktor human error, atau kesalahan dari manusia. Banyak dari mereka yang memang tidak patuh dalam berlalu lintas saat sedang berkendara atau membawa mobil. Sehingga dengan demikian bisa terjadi kecelakaan lalulintas, yang bisa membahayakan sekali bagi pengguna jalan yang lainnya. Meskipun yang namanya pelanggaran lalu lintas tersebut biasanya akan dikenakan tilang atau denda, namun masih banyak pula para pengemudi yang tetap bandel melanggarnya.


Karena jumlah angka kecelakaan yang semakin tinggi dan terus bertambah. Jadi tak heran kalau berbagai macam negara pun mulai menerapkan peraturan yang lebih ketat lagi dalam berlalulintas. Supaya bisa menekan angka kecelakaan di jalan raya. Salah satunya saat ini sudah semakin banyak negara yang mulai menerapkan untuk menilang para pengendara mobil yang ketahuan sengaja menelpon saat sedang mengendarai mobil. Karena memang menelpon ketika kita sedang mengendarai mobil ini sangatlah berbahaya sekali, dan bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Mengapa hal itu bisa terjadi. Jika pengendara mobil sibuk dan asik bermaih ponsel, sedangkan ia masih mengendarai mobil, di kuatirkan kalau tidak fokus dalam membawa mobil, dan bisa terjadi kecelakaan dan membahayakan juga bagi para pengendara yang lainnya. 

Salah satu negara yang sudah mulai menerapkan peraturan ini adalah Perancis. Bahkan meskipun pengendara sudah menepi di bahu jalan dan masih menelpon, tetap akan terkena tilang. Kecuali jika mesin mobilnya sudah di matikan. Pemerinta Perancis memang sengaja membuat peraturan baru tersebut, agar bisa menekan angka kecelakaan lalulintas yang semakin tinggi dinegaranya. Selain akan terkena tilang, para pengemudi jika diharuskan untuk membayar denda. Namun jika mobil sedang dalam keadaan darurat, seperti mogok, dan pengemudi membutuhkan pertolongan, tentu tidak akan terkena tilang. Salah satu penyebab mengapa peraturan tilang ini di lakukan pada negara Perancis adalah, karena dulinya pernah ada pengemudi yang di tilang karena berhenti dibundaran sambil menggunakan telpon. Saat itulah pengandilan tinggi dari negara Perancis mulai mensahkan peraturan tilang bagi siapa saja pengendara mobil yang ketahuan menggunakan telp saat berkendara. 

Pastinya kalau peraturan ini diberlakukan di negara kita juga, yaitu di Indonesia, bisa membantu juga untuk menekan terjadinya resiko kecelakaan lalulintas. Karena tak hanya di negara Perancis saja yang angka kecelakaannya semakin naik, namun di Indonesia pun angka kecelakaan lalulintas tiap tahunnya terus naik dan bertambah. Ingin artikel atau tips menarik lainnya mengenai otomotif, anda bisa menyimak infonya di mobiportal.net
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 ArticleCrown