Fungsi Komputer Server dan Jenis-jenisnya

Komputer server merupakan komputer yang melayani permintaan komputer lainnya yang menyediakan berbagai sumber daya seperti memori yang besar, penyimpanan dengan kapasitas yang tinggi, printer yang digunakan bersama dan masih banyak lagi. Jenis komputer ini memang sangat dibutuhkan dan juga mampu menghemat biaya untuk jauh lebih ekonomis. Adanya komputer ini untuk mampu memperhatikan berbagai pengguna jaringan internet dari beberapa komputer dalam satu ruangan yang sama dan dapat memperhatikan komputer sedang melakukan pencaharian apa. Komputer ini juga yang akan mengepalai semua komputer-komputer tersebut atau printer yang ada dalam sebuah ruangan tersebut. Komputer ini juga memiliki banyak fungsi dan juga memiliki banyak jenis komputer.

Komputer ini akan menjadi inti dari setiap kerja komputer lainnya, komputer ini sangat penting dan memiliki peran penting. Komputer server ini sudah banyak dijual pada situs belanja online terpercaya, untuk harga yang ditawarkan cukup bervariasi. Komputer ini biasanya ini memiliki harga dari 4 jutaan hingga belasan jutaan sesuai dengan kualitas. Berikut adalah fungsi dari komputer ini diantaranya:

Fungsi Komputer Server dan Jenis-jenisnya
  • Memiliki tanggung jawab terhadap permintaan komputer lain yang terhubung. 
  • Menyediakan resource untuk digunakan bersama untuk penggunaan perangkat keras atau perangkat lunak agar dapat digunakan pada semua komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan. 
  • Memiliki tanggung jawab untuk mengatur lalu lintas data. 
  • Komputer ini dapat menyimpan file dan diakses secara bersamaan dengan menggunakan file sharing. 
  • Mampu mengatur hak akses atas level dalam jaringan sehingga tidak semua pengguna komputer lainnya dapat membuka dan mengakses data pada komputer tersebut. 
  • Memberikan database atau perangkat lunak yang dapat dijalankan pada semua komputer. 
  • Memberi perlindungan dengan memasang firewall atau anti malware pada komputer untuk melindungi komputer lainnya. 
Fungsi diatas tentunya membuat komputer ini banyak digunakan. Komputer ini juga banyak digunakan pada warung internet dan beberapa kantor yang memiliki banyak data. Hal ini digunakan untuk mampu mengontrol dan melihat penggunaan jaringan data dan mengakses data apa saja. Penggunaan komputer ini juga akan sangat membantu komputer lainnya yang terhubung untuk mengakses setiap data atau hal lainnya dengan mudah.

Berikut adalah beberapa jenis komputer server diantaranya:
  • Server aplikasi merupakan komputer yang menyediakan media penyimpanan aplikasi yang dapat diakses dari komputer lain yang terhubung pada jaringan komputer, biasanya digunakan pada mall, hotel universitas dan lainnya. 
  • Database server merupakan komputer dengan sistem operasi server untuk menyediakan layanan pengelolaan basis data untuk komputer lainnya yang menyediakan database berbasis client-server. 
  • Mail server merupakan komputer untuk menjalankan aplikasi yang memampukan pengguna dapat mengirim dan menerima surat elektronik antar satu sama lain dalam sebuah jaringan komputer. 
Selain beberapa jenis diatas ada juga web server, server ini digunakan untuk menjalankan dibawah sistem operasi server untuk menerima permintaan melalui protokol HTTP atau HTTPS berupa halaman web dari komputer lain dan web server akan mengirimkan kembali. Beberapa jenis komputer ini tentunya membuat pengguna selalu mengincarnya dan dapat dibeli dengan hanya melakukan transaksi jual beli online.

Komputer server mampu menyediakan berbagai layanan dan juga menjadi penghubung antar komputer lain dalam sebuah jaringan untuk mampu menggunakan komputer dengan baik. Komputer ini mengendalikan setiap lintas data yang terjadi antar komputer yang terhubung. Penggunaan komputer ini membuat banyaknya permintaan semakin banyak untuk kebutuhan pekerjaan dan dapat dibeli dengan hanya berkunjung pada beberapa situs online.
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 ArticleCrown